Berita Kabupaten Banjar

Ramadan, Blusukan Akta Kelahiran di Kabupaten Banjar Terus Berjalan dan Sasar Kampung Ini

Mereka blusukan ke perkampungan. Beberapa hari lalu misalnya, setidaknya kembali turun ke wilayah pinggiran yakni Desa Keladanbaru, Kecamatan Gambut.

Ramadan, Blusukan Akta Kelahiran di Kabupaten Banjar Terus Berjalan dan Sasar Kampung Ini
banjarmasinpost.co.id/idda royani
ANTRE -¬†Warga tertib antre mengurus dokumen kependudukan di kantor Dinas Dukcapil Banjar beberapa hari lalu. 

BANJARMASJNPOST.CO.ID, MARTAPURA – Meski jam kerja lebih pendek dan sedang menjalankan ibadah puasa, jajaran pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Banjar tetap aktkf beraktivitas ke lapangan

Bahkan, mereka blusukan ke perkampungan. Beberapa hari lalu misalnya, setidaknya kembali turun ke wilayah pinggiran yakni di Desa Keladanbaru, Kecamatan Gambut.

Di kampung tersebut, petugas Dinaa Dukcapil Banjar menyerahkan akta kelahiran. "Sebanyak 26 akta kelahiran yang kami serahkan ke Keladanbaru pada awal pekan tadi," ucap Kepala Seksi Perkawinan, Perceraian, Perubahan Status Anak dan Perlindungan Anak, Dinas Dukcapil Banjar, Arbainah, Senin (27/05/2019).

Pejabat eselon IV di Bumi Barakat ini menuturkan penyerahan akta kelahiran tersebut dilaksanakan di kantor Desa Keladanbaru. Penyerahan dokumen penting ini disaksikan Pjs Kepala Desa Keladanbaru, Hairudin

Baca: Matahari Tepat di Atas Kabah Hari ini dan Besok, Saatnya Umat Verifikasi Arah Kiblat, Begini Caranya

Ia menerangkan proses pembikinan akta kelahiran diawali melalui penyerahan berkas permohonan pembuatan kepada perangkat desa. Kemudian diserahkan kepada Dinas Dukcapil Banjar untuk diproses dan diverifikasi dengan dokumen kependudukan lainnya.

Dinas Dukcapil Kabupaten Banjar memberikan kemudahan bagi warga untuk mengurus berbagai surat administrasi kependudukan. Warga yang ingin mengurus surat administrasi kependudukan cukup mengumpulkan berkas yang dikoordinir oleh perangkat desa dan tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor Dukcapil di Kota Martapura.

“Jika berkasnya lengkap, benar, dan sesuai maka selanjutnya akan dibuatkan akta kelahirannya," tandas Arnainah.

Sebaliknya, lanjut Arbainah, jika berkas belum lengkap, belum benar, dan terdapat ketidaksesuaian maka akan dikembalikan untuk dilakukan perbaikan. Karenanya lebih dulu harua dipastikan seluruh sata benar.

Baca: Nasib Mukena Syahrini yang Sempat Bikin Istri Reino Barack Tebar Ancaman, Omsetnya Tak Terduga

Mengenai banyaknya warga yang menginginkan kegiatan jemput bola pembuatan akta kelahiran, Arbainah pempersilakan pihak desa mengajukan permohonannya ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Banjar. Pihaknya akan langsung merespons atau mempeorsesnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Dukcapil Banjar Azwar menegaskan pihaknya akan terus berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Kemudahan juga akan selalu diberikan guna membantu meringankan beban masyarakat.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved