Kabupaten Banjar

BPKAD Banjar Lakukan Inovasi Pakai Aplikasi Dago, Gaji PNS di Kabupaten Banjar Sudah Online

Guna mencetak daftar gaji, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Banjar berinovasi menghadirkan akses aplikasi online Dago.

BPKAD Banjar Lakukan Inovasi Pakai Aplikasi Dago, Gaji PNS di Kabupaten Banjar Sudah Online
istimewa/humas Pemkab Banjar
Kabid Perbendaharaan BPKAD Banjar, H Abdullah Fathar bersama Bupati Banjar, H Khalilurrahman 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA -- Menekan anggaran belanja alat tulis untuk jenis kertas NCR 3 play yang dianggarkan setiap tahun sebesar Rp 89 juta, guna mencetak daftar gaji, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Banjar berinovasi menghadirkan akses aplikasi online Dago.

Tujuan lainnya efisiensi waktu dan efektifitas kinerja untuk melakukan proses pengendalian gaji PNS di Kabupaten Banjar. Dengan adanya inovasi ini, dapat menekan belanja ATK dalam pencetakan daftar gaji PNS yang selama ini digunakan, mengurangi resiko tertumpuknya dokumen gaji PNS SKPD.

Kabid Perbendaharaan BPKAD Kabupaten Banjar, H Abdullah Fathar mengatakan, pihaknya sudah bisa merasakan manfaat dari inovasi ini. Selama ini sebelum adanya Dago, cukup mengganggu aktifitas kerja dengan menunggu mesin cetak yang waktunya sehari penuh.

"Otomatis kini dapat memangkas waktu pengerjaan proses gaji PNS, tentunya pula mengurangi kerugian kesalahan cetak dengan menggunakan ATK," katanya, Selasa (28/5/2019).

Baca: Ini Peran Fifi alias AF Wanita Pemasok Senjata untuk Bunuh Tokoh Nasional di Rusuh 22 Mei 2019

Dijelaskannya, Dago merupakan singkatan dari Daftar Gaji Berbasis Online SIM- GAJI PT Taspen. sebuah sistem yang merubah pola dari penggunaan kertas untuk mencetak daftar gaji kedalam data digital, sehingga selain menghemat, efisiensi dan efektifitas penggunaan anggaran berupa belanja alat tulis ATK.

Dago ini juga mendukung gerakan Go Green. Keuntungan dari penggunaan format PDF adalah mempercepat proses distribusi data gaji serta memperkecil penggunaan tempat penyimpanan fisik dokumen.

Data digital sendiri tentunya mempunyai keuntungan utama dalam kemudahan paa proses pencarian data dokumen gaji PNS. dalam sistem ini tidak lagi melakukan pencetakan daftar gaji PNSD setiap bulannya, namun akan dilakukan pengiriman berupa file-file daftar gaji tersebut dalam bentuk softcopy menjadi data PDF ke masing-masing bendahara SKPD di Kabupaten Banjar.

Baca: 12 Tanda Hadirnya Malam Lailatul Qadar di Malam Ganjil Pada Ramadhan 1440 H

"Fungsi bendarahara gaji sangat penting dan berperan dalam upaya perubahan sistem dan pengelolaan data atau dokumen PNS dimasing-masing SKPD di Kabupaten Banjar," tambahnya.

Inovasi dari BPKAD Banjar itu pun mendapat apresiasi dari Bupati Banjar, H Khalilurrahman. Pria yang akrab disapa Guru Khalil itu menyatakan mendukung proyek perubahan Pengendalian Proses SIM-GAJI Taspen berbasi Dago, (Daftar Gaji Online) pada bidang perbendaharaan BPKAD Kabupaten Banjar. (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis:
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved