Berita Banjarbaru

NEWSVIDEO : Polres Banjarbaru Gelar Hasil Operasi Sikat Intan 2019

Belasan tersangka dari hasil Operasi Sikat Intan 2019 tertunduk lesu di halaman Polres Banjarbaru.

BANJARMASIN POST.CO.ID, BANJARBARU - Belasan tersangka dari hasil Operasi Sikat Intan 2019 tertunduk lesu di halaman Polres Banjarbaru. Mereka mengenakan pakaian tahanan dengan tangan di borgol, Selasa, (28/5/2019).

Para tersangka ini terdiri atas berbagai kasus seperti pelaku pencurian rumah, pelaku curanmor, pelaku jambret, penadah barang curian, pelaku anirat dan kepemilikan sajam.

Sejumlah kasus berhasil diungkap Polres Banjarbaru beserta jajarannya saat pelaksanaan Operasi Sikat Intan 2019 selama dua pekan terakhir dari 13 Mei hingga 27 Mei 2019.

Kapolres Banjarbaru AKBP Kelana Jaya mengatakan bahwa saat operasi sikat intan 2019, Satuan Sabhara Polres dan Unit Sabhara Polsek Jajaran berhasil mengamankan 12 orang tersangka atas kepemilikan minuman keras.

Baca: Eks Pasar Burung Mantuil Terbakar, 15 Menit Api Berhasil Dipadamkan

Baca: NEWSVIDEO : Pengerjaan Lapas Tanbu Mangkrak, Bagini Kondisinya

Baca: Satreskrim Polres Tanbu Gulung Komplotan Pembobol Rekening Nasabah

Dengan barang bukti yang disita, yaitu 202 liter tuak dan 50 botol miras berbagai merk.

"Para Tersangka dikenakan Tipiring dengan mengacu PERDA Kota Banjarbaru Nomor 5 Tahun 2006 dan sudah menjalani sidang di Pengadilan Negeri Banjarbaru," katanya.

Pihak kepolisian juga turut mengamankan 838 orang tanpa identitas dan dilakukan pembinaan.
Selain itu, yang menjadi sorotan yakni diamankannya 5 orang PSK di Eks Lokalisasi Pembatuan yang juga dikenakan Tipiring dengan mengacu PERDA Nomor 6 Tahun 2002 dan sudah menjalani sidang di Pengadilan Negeri Banjarbaru.

Adapun Sat Reskrim, Sat Narkoba dan Unit Reskrim Polsek jajaran Polres Banjarbaru juga berhasil mengungkap sejumlah kasus tindak pidana yang meresahkan masyarakat.

Para pelaku yang diringkus diantara yakni lima orang pelaku pencurian rumah, dua orang pelaku curanmor, satu orang pelaku jambret, dua penadah barang curian, satu pelaku anirat dan empat orang kepemilikan sajam.

"Untuk para pelaku tersebut sedang menjalani pemeriksaan guna proses hukum lebih lanjut," tegas Kapolres Banjarbaru AKBP Kelana Jaya.

Dari kasus penyalahgunaan Narkotika jenis sabu-sabu, pihak kepolisian berhasil mengungkap enam kasus dengan meringkus 10 orang tersangka. Adapun total barang bukti yang disita sebanyak 77,28 gram Narkotika jenis sabu-sabu.

Untuk aksi balapan liar yang kembali terjadi di kawasan Banjarbaru juga berhasil disterilkan pihak kepolisian lewat pembentukan Satgas Anti Balap Liar Polres Banjarbaru. Dalam hal ini, sedikitnya 102 pelanggar lalu lintas berhasil diamankan.

Baca: Posko Terpadu Angkutan Lebaran di Syamsudin Noor Diresmikan, Tapi Penumpang Masih Sepi

Baca: Jelang Lebaran Kurma Medjool dari Palestina Laris Diburu, Harganya 370.000 per kg

Ratusan pelanggar tersebut terbagi dari 60 pelanggar yang didapati tidak membawa kelengkapan surat menyurat kendaraan bermotor dikenakan sangsi berupa Tilang oleh Sat Lantas Polres Banjarbaru.

Sisanya, 42 pelanggar yang diduga melakukan balap liar dengan penindakan ditilang. Sepeda motor diamankan di Polres Banjarbaru menunggu proses persidangan yang akan dilaksanakan di Pengadilan Negeri Banjarbaru pada 20 Juni 2019 mendatang.

"Ini bentuk komitmen dan ketegasan kita. Sudah berkoordinasi dengan pihak pengadilan agar motor-motor yang disita itu tidak bisa diambil sampai persidangan berlangsung," tambahnya.(banjarmasinpost.co.id/Aprianto)

Penulis: Aprianto
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved