Pemilu 2019

AHY Lakukan Pertemuan 'Rahasia' dengan Jokowi, Berbuntutnya Muncul 'Serangan' ke SBY

Hasil Pemilihan Umum atau Pemilu 2019 sudah terlihat setelah Komisi Pemilihan Umum menetapkan rekapitulasi suara pada 21 Mei 2019 lalu.

AHY Lakukan Pertemuan 'Rahasia' dengan Jokowi, Berbuntutnya Muncul 'Serangan' ke SBY
KOMPAS.com/ANDRI DONNAL PUTERA
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono mengkampanyekan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Sabtu (4/2/2017). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Hasil Pemilihan Umum atau Pemilu 2019 sudah terlihat setelah Komisi Pemilihan Umum menetapkan rekapitulasi suara pada 21 Mei 2019 lalu.

Meski begitu, arah politik sejumlah partai politik sudah terlihat tak lama setelah lembaga survei merilis hasil hitung cepat setelah pemungutan suara pada 17 April silam.

Sejak saat itu, sikap dan arah para anggota koalisi mulai mendapat banyak sorotan, terutama sikap politik yang dilakukan oleh kubu yang dinyatakan tidak memenangkan Pemilu.

Setiap pertemuan antara dua pihak berbeda, yaitu partai pendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin dengan Prabowo-Sandiaga Uno, mendapat banyak perhatian, tanpa memperhatikan konteks pertemuan yang terjadi.

Misalnya, sorotan terjadi saat ketua MPR yang berasal dari Partai Amanat Nasional, Zulkifli Hasan bertemu Presiden Joko Widodo saat pelantikan Gubernur Maluku terpilih pada 24 April lalu.

Baca: Fakta-fakta Tembak Mati 4 Pesiunan Jenderal di Aksi 22 Mei, Wiranto & Luhut Binsar Jadi Sasaran

Baca: Emosi Anang Hermansyah Gara-gara Syahrini Disinggung, Ashanty Tanyakan Lagu Duetnya

Baca: Sering Bilang Ingin Punya Istri Ketiga, Kiwil Bakal Digugat Cerai Istri Selepas Ramadhan

Berbagai pihak menerka bahwa ini menjadi awal rekonsiliasi antara kubu Jokowi-Ma’ruf dengan Prabowo-Sandiaga. Meskipun, setelah itu Zulkifli Hasan menjelaskan keberadaannya di Istana terkait tugasnya sebagai ketua MPR.

Hal serupa juga dialami oleh putra sulung Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono ( AHY).

Ia sempat dua kali bertemu dengan Jokowi. Pertemuan itu memantik banyak persepsi bermunculan di masyarakat.

Hingga akhirnya, SBY mengaku banyak serangan yang diterima Agus, dirinya, dan tak terkecuali Partai Demokrat setelah pertemuan dengan Jokowi.

Pertemuan di Istana Merdeka

Halaman
12
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved