Berita Kotabaru

Delli Gunarso Jelaskan Pentingnya Kemasan kepada Pelaku UMKM di Kotabaru

Produk kemasan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kabupaten Kotabaru masih jauh kualitasnya dibandingkan daerah lain, sehingga sulit bersaing di pasaran.

Delli Gunarso Jelaskan Pentingnya Kemasan kepada Pelaku UMKM di Kotabaru
banjarmasinpost.co.id/man hidayat
Delli Gunarso Konsultan UMKM dari Jakarta menjelaskan peran penting kemasan dalam pemasaran suatu produk. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Produk kemasan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kabupaten Kotabaru masih jauh kualitasnya dibandingkan daerah lain. Akibatnya, pemasaram masih sulit bersaing di pasaran

Melihat keadaan tersebut, Pemerintah Kabupaten Kotabaru pun mendatangkan Delli Gunarso yang merupakan Konsultan UMKM dari Jakarta. Tujuannya agar hasil kemasan warga Kotabaru makin berkembang dan bisa bersaing.

Kegiatan itu digelar di tenda pertemuan samping Expo Saijaan 2019 di Siring laut Kotabaru, Selasa (29/5/19) pada pukul 21.00 wita. Minimnya pengetahuan pelaku usaha industri rumah tangga menyulitkan mereka bersaing dipasaran.

Sekretaris Daerah Kotabaru H Said Akhmad saat memimpin pertemuan didampingi Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Perindustrian Kotabaru, Zainal Arifin, mengatakan produk di Kotabaru cukup tinggi. Namun, kekalahan dalam bersaing adalah cara kemasan yang masih sangat tradisional atau bahkan hanya menggunakan plastik.

Baca: Rajut Silaturahmi Grand Dafam Q Hotel Banjarbaru Bukber Bersama Relasi

"Kemasan itu sangat penting untuk pemasaran. Selain itu yang terpenting harus diingat adalah usaha industri rumahan ini jangan sampai menggunakan bahan kimia karena tidak baik bagi kesehatan, " katanya.

Zainal Arifin menambahkan, kemasan ini memang sangat penting. Produk sama bahkan rasa lebih enak dibandingkan orang lain. Tetapi, konsumen lebih memilih produk lain karena kemasannya yang menarik dan tidak malu saat membawanya.

"Jadi ini pentingnya kemasan. Kekayaan kita akan sumber daya alam sangat tinggi dan produk industri rumahan UMKM, tapi kita masih kalah dengan kemasan. Makanya kita sengaja hadirkan konsultan UMKM agar mereka paham, " katanya.

Baca: El Nino Moderat Menghantui Banua, Gubernur Intruksikan Kalsel Siaga Karhutla Per Juni 2019

Sementara itu, Delli Gunarsa, mengatakan zaman sekarang yang dilihat adalah kemasan atau packaging. Tidak bisa dipungkiri, kemasan menarik akan membuat konsumen memilihnya.

"Ini tentang bagaimana cara berjualan yang menarik konsumen dan artinya bila kita bisa mengemas semenarik mungkin, itu akan lebih mudah menjual atau memasarkannya. Kemasan itu sangat berpengaruh besar pada produk yang kita jual, " katanya. (Banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved