B Focus Kalteng

Keluarkan Surat Edaran, Bupati Kapuas Imbau SKPD Menciptakan Lingkungan ini

Imbauan tersebut ditujukan kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Kapuas pada akhir bulan di awal tahun 2019 tadi.

Keluarkan Surat Edaran, Bupati Kapuas Imbau SKPD Menciptakan Lingkungan ini
BPost Cetak
B Focus edisi cetak Rabu (29/5/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KAPUAS - BUPATI Kapuas Ben Brahim S Bahat pernah mengeluarkan surat edaran nomor :660.2/045.1/DLH.III/I/2019 tentang pengelolaan sampah dan kebersihan lingkungan kerja di lingkup Pemerintahan Kabupaten Kapuas.

Imbauan tersebut ditujukan kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Kapuas pada akhir bulan di awal tahun 2019 tadi.

Surat edaran dikeluarkan menindaklanjuti Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah.

Sebagai amanat dari Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 dan Peraturan Pemerintah Nomor 81 Tahun 2012 dan dalam rangka mendukung Target Nasional Indonesia Bebas Sampah Tahun 2025 yang bertujuan mengoptimalkan pengurangan dan penanganan sampah.

Baca: Penampilan Tak Biasa Via Vallen dan Luna Maya Pasca Heboh Soal Rekam Film Aladdin, Jauh Lebih Imut?

Baca: MUI Minta Pesbukers Ramadhan Setop Tayang Gara-gara Adegan Raffi Ahmad dan Zaskia Gotik

Baca: Gisella Anastasia Dituding Langgar Pesan Gading Marten Gara-gara Lakukan Ini dengan Wijaya Saputra

Baca: Muzdalifah Ngaku Ingin Jual Rumahnya Rp 50 Miliar, Istri Fadel Islami Juga Siap Bagi-bagi Warisan

Dalam surat edaran tersebut, Bupati Kapuas ingin semua jajarannya menggiatkan kembali pelaksanaan Jumat bersih di lingkungan kerja setiap perangkat daerah.

Guna menciptakan lingkungan kerja yang asri, teduh, nyaman dan menyediakan area bebas rokok atau green office.

Ben Brahim juga meminta kepada Kepala Perangkat Daerah untuk menyiapkan fasilitas pendukung pengelolaan sampah.

Demikian juga dengan menerapkan sistem pengelolaan bebas sampah pada penyelenggaraan acara yang bersifat massal baik indoor ataupun outdoor.

"Minimalkan penggunaan kemasan plastik sekali pakai pada suatu acara atau kegiatan dan menerapkan penggunaan kemasan minuman isi ulang seperti botol minum, thumbler dan sejenisnya," ucap Ben melalui surat edarannya.

Ben melarang kepada Perangkat Daerah yang melakukan pembakaran dan penimbunan sampah di area lingkungan kerja.

Dia pun mendorong pemanfaatan sampah berbahan organik menjadi kompos yang dapat digunakan atau diaplikasikan pada tanaman-tanaman di lingkungan kerja.

Ben sangat berharap, perangkat daerah Kabupaten Kapuas dapat menjalin kerjasama dengan kelembagaan pengelolaan sampah seperti bank sampah, pusat daur ulang, ataupun TPS-3R.

Khusus Perangkat Daerah yang berkaitan dengan penggunaan bahan yang menghasilkan sampah atau limbah klinis bersifat toksit dan infeksius, Ben mengimbau agar dapat dipisahkan dari sampah rumah tangga serta mengikuti SOP yang berlaku di lingkungan kerjanya.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved