Berita Kotabaru

Bupati Kotabaru Resmi Tutup Expo Saijaan 2019, Omzet Pedagang Capai Rp 2,4 Miliar

Bupati Kotabaru Sayed Jafar resmi menutup Saijaan Expo 2019 pada Rabu (29/5/2019) malam. Omzet yang didapatkan pedagang di expo mencapi Rp 2.4 M.

Bupati Kotabaru Resmi Tutup Expo Saijaan 2019, Omzet Pedagang Capai Rp 2,4 Miliar
banjarmasinpost.co.id/man hidayat
Penutupan Expo Saijaan 2019 dan penyerahan hadiah stand terbaik di Kotabaru. Rabu (29/5/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Bupati Kotabaru Sayed Jafar resmi menutup Saijaan Expo 2019  pada Rabu (29/5/2019) malam. Omzet yang didapatkan pedagang di expo tersebut mencapi Rp 2.455.883.340.

Nilai tersebut didapatkan panitia yang ditotal selama 10 hari pelaksanaan dari 2 hingga 29 Mei. Nilai tersebut mengalami kenaikan yang sebelumnya hanya sekitar 2,3 M.

Hal ini diungkapkan Koordinator Saijaan Expo 2019, Zainal Arifin. Dia mengatakan hasil tersebut lebih meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Begitu juga hasil dari transaksi pajak kendaraan bermotor melalui stand Samsat mencapai sebesar Rp 146.150.400.

"Nilai ini meningkat dan lebih ramai di tahun 2019 ini dan sejumlah pelaku UMKM juga mendapatkan keberkahan, " kata Zainal yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Kotabaru.

Hanya saja, dari pelaku UMKM harus mendapatkan binaaan lebih dalam lagi. Sebab, saat ini kemasan yang dimiliki UMKM rata-rata masih menggunakan kemasan seadanya dan traisional. Dampaknya, kesulitan bersaing dengan produk lainnya.

Baca: Persatuan Mahasiswa Kalsel di Jakarta dukung Mardani H Maming di kontestasi Ketum HIPMI

"Sejumlah pelaku UMKM akan kita bina dan bantu untuk pemasaran meski dalam hal kemasan masih

Sederhana. Ini menjadi tugas Pemerintah daerah untuk melakukan pembinaan lagi dan membantu mempromosikan karena hasil produk idustri rumah kita cukup bgus, hanya kalah dikemasan saja, " katanya.

Dia juga mengatakan kegiatan dari Saijaan Expo tersebut berjalan sukses dengan CBU EO. Belum lago ditambah dengan kedatangan sejumlah kegiatan dan menghadirkan artis Ibukota yakni Fatin Sidqia Lubis, hingga penyanyi lokal Bigbos, Bigdut dan jebolan ajang pencarian bakat yakni Ika KDI dimalam penutupan tersebut.

Sementra itu, Bupati Kotabaru H Sayed Jafar juga bersyukur dengan lancarnya kegiatan expo Saijaan menyambut hari jadi ke 69 Kotabaru. Kegiatan tersebut dianggap sukses dan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat dan pedagang UMKM di Kotabaru.

"Kami sangat bersyukur karena acaranya sukses. Sementara UMKM akan terus kami rangkul dan dibina terutama produk lokal Kotabaru. Memang produk lokal kita masih kalah dikemasan, maka dari itu, kami Pemda akan melakukannpembinaan lebih kanjut dan akan kami bantu untuk pembuataan kemasan. Kalau soap rasa, kita tidak kalah dengan daerah lain, " katanya.

Selain itu, H Sayed Jafar juga mengatakan kegiatan yang berlangsung di Siring Laut Kotabaru berlangsung meriah. Kegiatan itu sekaligus memperkenalkan wisata yang ada di Kotabaru yang tiap tahun akan tetus dikembangkannya.

Baca: SEBENTAR LAGI! Jadwal Waktu Buka Puasa (Azan Maghrib) 25 Ramadhan, Kamis (30/5) Jakarta dan Lainnya

"Ini adalah sarana promosi dan kita juga mengedepankan sektor Pariwisata sehingga pengunjung akan berdatangan di Bumi Saijaan ini. Tahun ini, kami akan bangun sayap Siring laut yang nantinya akan ada restorannya. Dan tahun selanjutnya kami akan bangun masjid Apung seperti kapal pesiar, " katanya.

Sekadar diketahui, kegiatan penutupan Expo Saijaan itu dihadiri Kapolres Kotabaru AKBP Suhasto SIK, Dandim 1004 Letkol Inf Rony Fitriyanto, Danlanal Kotabaru Letkol Laut (P) Guruh Dwi Yudhanto, Sekda Kotanaru H Said Akhmad dan Ketua TP PKK Hj Fatma Idiana serta seluruh pejabat Pemkab Kotabaru.

Pada kegiatan itu pula, ada penyerahan hadia pemenang stand pameran Expo Saijaan 2019 yakni stand terbaik SKPD, stand terbaik Kecamatan dan stand terbaik instansi vertikal atau organisasi, BUMD. (Banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved