Berita Tanahbumbu

DPRD Serius Sikapi Wacana Ibu Kota Pindah ke Tanahbumbu, Hasanuddin: Segera ke Bappenas!

Wacana pemindahan ibu kota baru, salah satunya Kabupaten Tanahbumbu menjadi 'lirikan' pemerintah pusat benar-benar disikapi serius

DPRD Serius Sikapi Wacana Ibu Kota Pindah ke Tanahbumbu, Hasanuddin: Segera ke Bappenas!
Banjarmasinpost.co.id/Helriansyah
Wakil Ketua I DPRD Tanahbumbu H Hasanuddin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Wacana pemindahan ibu kota baru, salah satunya Kabupaten Tanahbumbu menjadi 'lirikan' pemerintah pusat benar-benar disikapi serius Pemerintah Daerah setempat.

Bahkan wacana pemindahan ibu kota negara ini, ditanggapi positif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tanabumbu. Rencananya akan menindak lanjuti wacana tersebut ke Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Dikemukakan Wakil Ketua I DPRD Tanahbumbu H Hasanuddin, kemarin saat diminta tanggapannya mengenai pemindahan ibu kota negara yang digagas Presiden Joko Widodo.

"Mungkin setelah lebaran kami melakukan koordinasi dengan Bappenas terkait hal ini," ujar Hasanuddin kepada banjarmasinpost.co.id.

Namun sebelumnya, jelas Hasanuddin, pihaknya rencana melakukan pertemuan terlebih dahulu di internal DPRD yang melibatkan semua komisi.

Baca: Majelis Ulama Indonesia Minta Sahurnya Pesbukers Dihentikan, Luna Maya: Aku Masih Shooting

Baca: Jadwal MotoGP Italia 2019 - Jorge Lorenzo Mengaku Memiliki Progres Positif di Sirkuit Mugello

Baca: Fakta-fakta Laga Chelsea Vs Arsenal di Final Liga Europa 2018-2019, Kegagalan Unai Emery!

"Kalau eksekutif sudah. Kami (legislatif) akan membantu mendorong," jelasnya.

Terkait rencana koordinasi ke Bappenas, masih menurut Hasanuddin, untuk meyakinkan pemerintah pusat. Salah satunya dengan mempersentasikan kesiapan pemerintah kabupaten Tanahbumbu dalam mendukung wacana tersebut.

"Pada dasarnya pemerintah daerah (Tanahbumbu) sangat siap dan mendukung apabila ditunjuk dan ditetapkan sebagai tempat pemindahan ibu kota negara," ungkapnya.

Apalagi banyak hal sudah dilakukan pemerintah daerah. Di antaranya dengan menyiapkan lahan sekitar 300 ribu hektare sebagai bukti keseriusan dan kesiapan pemerintah daerah.

Terlebih dari sisi sumber daya alam, Tanahbumbu banyak memiliki keunggulan. Mulai dari pertambangan, perkebunan, hasil hutan, mineral dan lain sebagainya.

"Ini kelebihan dan keunggulan dimiliki Tanahbumbu," katanya.

Termasuk infrastruktur, seperti pelabuhan di Tanahbumbu sangat berpotensi untuk dikembangkan menjadi skala internasional. Karena posisinya yang strategis terletak antara laut Jawa dan Makasar.

"Jadi kami (legislatif) menyatakan siap dan mendukung apabila Tanahbumbu ditunjuk sebagai tempat pemindahan Ibu kota negara," pungkas Hasanuddin.

(BANJARMASINPOST.co.id/helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved