Ramadhan 2019

Hukum Berpakaian Serba Baru di Saat Lebaran Jelang Idul Fitri 1440 H

Hukum Dalam Islam Berpakaian Serba Baru di Saat Lebaran Jelang Idul Fitri 1440 H

Instagram by_chantily
Idul Fitri 1440 H 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Hukum berpakaian serba baru di saat lebaran jelang idul fitri 1440 H/ 2019.

Membeli pakaian baru adalah sesuatu yang lumayan lumrah dilakukan masyarakat di Indonesia jelang hari lebaran atau idul fitri.

Sehingga, sebagian besar umat muslim menganggap mengenakan pakaian baru di hari lebaran merupakan hal yang lumrah.

Namun benarkah demikian? apakah merayakan idul fitri atau lebaran harus dilengkapi dengan pakaian baru?

Melansir laman Tribunnews.Bogor.com, (Tayang Rabu 22/05/2019) hari raya Idul Fitri merupakan hari kemenangan dan momentum bagi umat Islam untuk menjadi insan yang semakin bertaqwa.

Baca: Istimewanya Malam Ganjil Ramadhan, Shaf di Masjid Asuada Uddarain Pun Penuh

Baca: Ustadz H Ahmad Mulqin : Jadikan Ramadhan Menjadi Lebih Baik, Suci Pikiran, Lisan, Perbuatan

Namun saat ini tidak sedikit orang yang salah memaknai hari kembali suci tersebut banyak dengan bermewah-mewahan dan tampil serba baru.

Menyikapi hal tersebut, salah satu pengurus Masjid Jami Al Muawanah yang berlokasi di Pabuaran, Bojonggede, Kabupaten Bogor, Ustaz Ahmad Zayrobi mengatakan bahwa tampil bermewah-mewahan dan serba baru saat lebaran itu tidak dibenarkan apabila itu dijadikan adu kesombongan.

Namun membeli pakaian untuk dikenakan di hari lebaran tetap dibolehkan.

"Jadi, Idul Fitri itu tidak harus dimaknai dengan bermewah-mewahan. Itu hanya disunnahkan. Beli pakaian boleh saja. Asalkan jangan berlebihan misalnya beli 10 pasang. Jika berlebihan itu dikhawatirkan menimbulkan kecemburuan sosial, karena disekitar kita tidak semuanya mampu," ujarnya kepada Tribunnewsbogor.com, Rabu (22/05/2019).

Salat idul Fitri 1439 Hijriyah berlangsung di berbagai tempat, di Banjarbaru ada beberapa titik lokasi Salat yang dihadiri kepala daerah, Jumat (15/6).
Salat idul Fitri 1439 Hijriyah berlangsung di berbagai tempat, di Banjarbaru ada beberapa titik lokasi Salat yang dihadiri kepala daerah, Jumat (15/6). (nia kurniawan)

Adapun orang yang paling bahagia disaat hari kemenangan itu tiba adalah orang-orang yang benar-benar menjalankan ibadah selama bulan puasa itu dengan sungguh-sungguh.

Halaman
1234
Penulis: Noor Masrida
Editor: Restudia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved