Berita Banjar

NEWSVIDEO : Tetap Senyum Meski Dicaci dan Diludahi

Tak gampang memang bekerja di rumah sakit jiwa (RSJ). Hanya orang-orang bermental baja saja yang mampu menjalaninya, seperti Oktavia Suci Megawati

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJAR  - RUMAH sakit jiwa. Mendengar namanya saja dahi seseorang seketika bisa dipenuhi gelombang kerutan. Apalagi jika tiap saat harus berinteraksi bersama orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Tak gampang memang bekerja di rumah sakit jiwa (RSJ). Hanya orang-orang bermental baja saja yang mampu menjalaninya, seperti Oktavia Suci Megawati, perawat profesional (ners) di RSJ Sambang Lihum (Sali).

Sejak Januari 2016 silam Suci bekerja di RSJ berkapasitas besar yang terletak di kawasan Jalan Gubernur Syarkawi, Gambut, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel) tersebut. Jumlah total pegawai setempat 600 orang, 266 orang di antaranya berstatus ASN/PNS.

Baca: Okupansi Hotel Turun 50 Persen, Ini yang Dilakukan Perhotelan di Banjarmasin Saat Libur Lebaran

Baca: Verrell Bramasta dan Aurel Hermansyah Tak Ragu Bicarakan Pernikahan, Geser Nama Al Ghazali

Baca: Pastikan Pasokan BBM Aman Untuk Pemudik, Ini yang Dilakukan Personel Polsek Sungai Loban

Sedangkan jumlah pasien saat ini sekitar 200 orang; ODGJ maupun pasien ketergantungan obat-obatan terlarang.

"Bekerja di RSJ memang harus punya mental yang kuat dan kesabaran yang tinggi pula. Maklum lah yang diurusi kan orang-orang yang mentalnya sedang terganggu," ucap Suci, Kamis (30/05/2019).(Tim)

Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved