Berita Internasional

Seorang Pria Nekat Beli Laut Seharga Rp 1 Miliar, Ternyata untuk Hadiah Valentine Pacarnya

Seorang gadis di China menjadi perbincangan setelah mengunggah hadiah yang dia terima dari si pacar saat 20 Mei, mirip dengan Hari Valentine.

Seorang Pria Nekat Beli Laut Seharga Rp 1 Miliar, Ternyata untuk Hadiah Valentine Pacarnya
WeChat via Oddity Central
Tangkapan layar WeChat yang memperlihatkan seorang pria membeli laut bagi pacarnya sebagai hadiah hari kasih sayang. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BEIJING - Seorang gadis di China menjadi perbincangan setelah mengunggah hadiah yang dia terima dari si pacar saat 20 Mei, mirip dengan Hari Valentine.

Tak tanggung-tanggung. dilansir Oddity Central Rabu (29/5/2019), pria itu membeli sebuah laut terbuka seluas 210 hektar seharga 682.662 yuan, atau Rp 1,4 miliar.

Terletak di pesisir Provinsi Shandong dekat Pulau Cheniushan, laut itu awalnya milik sebuah perusahaan peternakan ikan sebelum dibeli pria itu secara lelang daring.

Pria itu kemudian memberikannya kepada pacarnya sebagai hadiah kasih sayang. Perempuan itu kemudian memberitahukan hadiah si pacar melalui media sosial WeChat.

Diberitakan media lokal, perempuan yang tak disebutkan identitasnya itu berkata dia mendapat hadiah itu setelah mengomel pacarnya lupa tentang 20 Mei.

Baca: Heboh Tiket Pesawat Rp 21 Juta Rute Bandung-Medan, Garuda Membantah, Kemenhub Malah Berkata Ini

Baca: Di Parkir Depan Kantor Bupati, Kaca Mobil Milik Politisi Gerindra Dipecah, Si Pelaku Lakukan Ini

Baca: DPRD Serius Sikapi Wacana Ibu Kota Pindah ke Tanahbumbu, Hasanuddin: Segera ke Bappenas!

Sejumlah netizen pun menyuarakan kekaguman terhadap hadiah yang dibelikan oleh pria bermarga Zhang itu. Namun, ada juga yang menyatakan tidak percaya.

Sebabnya, mereka tidak bisa memahami bagaimana Zhang bisa membeli laut terbuka itu. Namun, menurut berdasarkan undang-undang setempat, ternyata bisa.

Begitulah penjelasan pengacara bernama Zhang Xinnian kepada The Paper. Dia berkata, tawaran Zhang itu sangat legal jika merujuk kepada hukum di China.

Dia menjelaskan hukum kepemilikan China memang menekankan bahwa perairan teritorial merupakan milik negara dan tidak bisa dijual maupun dibeli.

Namun, ada juga hukum yang mengatur tentang hak penggunaan. "Organisasi maupun individu bisa mengajukan hak penggunaan laut dengan departemen kemaritiman," tutur Zhang.

Mereka yang mengajukan hak pengacara bisa melakukan sewa, transfer, hingga menggadaikannya. Tak dijelaskan apa yang bakal dilakukan si perempuan dengan laut itu.

"Apa gunanya melakukan sistem lelang untuk laut itu? Apa pria itu menawar pabrik peternakan ikan karena pacarnya penyuka makanan laut?" tanya netizen China.

Hai Guys! Berita ini ada juga di KOMPAS.com

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved