Mudik 2019

Imdawarti Menangis Ketinggalan Kapal

Imdawarti tak kuasa menahan air mata melepas keberang­katan Kapal Motor Dharma Kartika IX di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin Kalsel

Imdawarti Menangis Ketinggalan Kapal
net
arus mudik kapal laut

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Imdawarti tak kuasa menahan air mata melepas keberang­katan Kapal Motor Dharma Kartika IX di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin Kalsel, Kamis (30/5) siang.

Namun tangisan itu bukan karena harus ditinggal keluarga mudik ke kampung halaman di Pulau Jawa. Tangis itu merupakan bentuk kekecewaan karena tertinggal kapal menuju Surabaya.

“Pak masih bisa nggak? Saya ketinggal nih,” welas Imdawarti sembari menenteng sebuah tas dan kardus kepada petugas.

Secara bersamaan kapal semakin jauh meninggalkan pelabuhan. Ini membuat perempuan itu makin histeris. “Gimana nih tiket saya terbakar pak?” tanya warga yang tinggal di dekat SMAN 9 Banjarmasin itu seraya terisak.

Tangisan pun seketika mereda, setelah beberapa petugas mencoba menenangkannya dan berjanji menempatkannya pada keberangkatan kapal motor Dharma Lautan Utama berikutnya.

Baca: KPK Akan Buktikan Menag Terima Rp 70 Juta

Baca: Si Palui: Naik Bis Parai

Baca: Selamat Tinggal Bulan Alquran

“Tiket ibu tetap aman dan tidak ada biaya tambahan. Ibu tetap bisa berangkat tapi menunggu kapal malam nanti yaa,” jelas seorang petugas.

Imdawarti beralasan keterlambatan karena mengikuti jadwal yang tertera di tiket. Kapal yang mestinya berangkat pukul 11.00 Wita, namun ternyata lebih cepat satu jam.

Keterlambatan juga dialami Bayu dengan enam kerabatnya. Namun Bayu menuding calo sebagai penyebabnya.

“Tadi kan cari tiket. Kemudian ketemu dengan calo. Nah, pas beli diputar-putarnya makanya terlambat, “kata pemudik asal Kuala Purun, Kalimantan Tengah ini.

Mereka membeli tiket dengan harga Rp 500 ribu per tiket. Oleh karena tujuh orang berarti Rp 3,5 juta.

Namun Bayu dan kerabatnya sedikit lega. Soalnya perusahaan pelayaran bersedia mengangkut mereka di kapal selanjutnya.

Baca: Segera Tertibkan Pelangsir Solar

Baca: Kenali 9 Gejala Kanker Getah Bening yang Menyerang Ustadz Arifin Ilham dan Olga Syahputra

Memasuki hari ketujuh jelang lebaran Idulfitri, suasana mudik di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin makin ramai. Pada Rabu (29/5), jumlah penumpang yang naik dan turun kapal tercatat 10.038 penumpang.

Pada Kamis (30/5) sekitar pukul 11.00 Wita, berdasarkan data dari petugas KSOP Kelas I Banjarmasin di Posko Terpadu Pelabuhan Trisakti, jumlahnya menjadi 11.923 penumpang.

Wakil Kepala Regu II KSOP Kelas I Banjarmasin, Syaiful Anwar , mengatakan penambahan itu berasal dari dua kapal motor tiba dan berangkat yakni Mila Utama dan Dharma Kartika IX. (gha)

Penulis: Ahmad Rizky Abdul Gani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved