Bisnis

Respon Menhub Saat Jokowi Wacanakan Maskapai Asing Beroperasi di Indonesia

Presiden Joko Widodo baru saja mewacanakan kemungkinan membuka peluang maskapai penerbangan asing masuk dalam bisnis penerbangan di dalam negeri.

Respon Menhub Saat Jokowi Wacanakan Maskapai Asing Beroperasi di Indonesia
Serambi Indonesia
Pesawat Garuda Indonesia satu dari dua maskapai yang tersisa di Indonesia 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Presiden Joko Widodo baru saja mewacanakan kemungkinan membuka peluang maskapai penerbangan asing masuk dalam bisnis penerbangan di dalam negeri.

Wacana yang  disampaikan Joko Widodo tersebut merupakan salah satu solusi mengatasi mahalnya tiket maskapai penerbangan di tanah air beberapa waktu belakangan.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menanggapi wacana Presiden Joko Widodo mengatakan, kementeriannya akan memelajari kemungkinan direalisasikannya wacana tersebut.

"Ya ide Pak Presiden bagus sekali, kita akan mempelajari. Insya Allah itu bisa dilaksanakan," ujar dia di Jakarta, Jumat (31/5/2019).

Budi mengungkapkan sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh maskapai penerbangan asing jika ingin masuk ke Indonesia

Baca: Malam Lailatul Qadar Akankah Terjadi di Malam ke-27 Ramadhan 1440 H, Sabtu (1/6)?

Baca: Cegah Baterai Ponsel Habis Saat Perjalanan Mudik, Ini 10 Tips Hemat Baterai Smartphone

Baca: Ciuman Terakhir SBY Saat Ani Yudhoyono Meninggal Dunia, Bukti Kesetiaan Ayah AHY

Dikatakannya, maskapai asing yang ingin masuk dalam pasar dalam negeri harus memiliki kantor yang beroperasi di Indonesia.

Selain itu, 51 persen saham dari perusahaan yang di bangun di Indonesia harus dimiliki oleh negara.

Syarat lainnya adalah asas cabotage (rute domestik harus dilayani maskapai nasional) yang berlaku untuk layanan transportasi udara.

"Tentunya (perizinan operator penerbangan asing di dalam negeri) memperhatikan akses cabotage bahwa perusahaan asing itu harus memiliki perusahaan di sini di mana dimiliki oleh Indonesia 51 persen. Terus mengikuti syarat syarat yg lain," ujar dia.

Menhub Budi Karya Sumadi
Menhub Budi Karya Sumadi (tribunkalteng.com/faturahman)

Dia menegaskan, tak perlu ada perubahan regulasi terkait perizinan ini.

Adapun ide Jokowi untuk mengundang operator maskapai asing dalam pasar maskapai dalam negeri dilontarkan dalam sebuah wawancara khusus dengan media swasta.

Baca: Syahrini dan Reino Barack Enggan Lakukan Ini Saat Terima Parcel Lebaran, Beda dengan Luna Maya

Baca: Tas Hitam Ini Bikin Ojol Deg-degan, Pas Dibuka Isinya Bundelan Uang

Menurutnya, keberadaan maskapai luar negeri bisa memperkaya kompetisi pemain maskapai yang selama ini didominasi oleh dua grup maskapai domestik, yaitu Garuda Indonesia Group dan Lion Air Group.

Sehingga, diharapkan dengan jumlah pemain layanan transportasi penerbangan yang semakin kaya, permasalahan harga tiket pesawat mahal yang tak kunjung usai bisa dirampungkan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Wacana Jokowi soal Maskapai Asing Beroperasi di RI, Ini Kata Menhub"

(Penulis : Mutia Fauzia)

Editor: Hari Widodo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved