Kriminalitas Regional

Fakta Sejumlah Teror ke Polisi Jelang Lebaran 2019, dari Polisi Ditembak di Kepala hingga Pos Dibom

Sesosok pria tergeletak di aspal depan Pos Pengamanan (Pospam) Tugu Kartasura di simpang Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Ahmad Yani

Fakta Sejumlah Teror ke Polisi Jelang Lebaran 2019, dari Polisi Ditembak di Kepala hingga Pos Dibom
TribunSolo.com/Asep Abdullah Rowi
Mayat bomber tergeletak di depan Pos Pengamanan (Pospam) Tugu Kartasura di simpang Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Senin (3/6/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, SUKOHARJO - Sesosok pria tergeletak di aspal depan Pos Pengamanan (Pospam) Tugu Kartasura di simpang Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Ahmad Yani Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (4/6) dini hari.

Pria yang tergeletak itu sempat diamankan petugas dengan menempatkan corong pembatas jalan. Dia diduga sebagai pelaku bom bunuh diri.

Sebelumnya dua ledakan terjadi sekitar Senin (3/6) pukul 23.00 WIB. Saat ledakan sejumlah polisi berada di pos. Ini tergambar dari sepeda motor polisi yang terlihat parkir di samping pos.

Tidak banyak kerusakan terjadi di pos tersebut. Di dinding triplek depan pos tampak noda hitam. Sedangkan pria yang tergeletak menderita luka parah pada pinggang hingga kaki.

“Iya benar, saya saat itu jaga di pos. Kejadian baru saja, sekitar pukul 23.00 WIB,” kata seorang polisi, Ary, kepada TribunSolo.com.

Beberapa hari ini Ary dan sejumlah anggota Polres Sukoharjo berjaga di pos tersebut untuk mengamankan arus mudik Lebaran.

Baca: Ledakan di Pos Polisi Kartasura Sukoharjo Solo Diduga Bom Bunuh Diri, Lokasi Ledakan DIjaga Aparat

Baca: Bom Meledak di Pos Polisi Kartasura Sukoharjo Solo, Pelaku Masih Hidup, Tak Ada Korban Polisi

Baca: Ledakan Bom Depan Pos Polisi Kartasura Sukoharjo Jarak 1 Km dari Markas Kopassus Kandang Menjangan

Kasatreskrim Polres Sukoharjo, AKP Gede Yoga membenarkan adanya ledakan tersebut. “Iya, info dari radio kami seperti itu,” katanya.

Oleh petugas, pria yang terluka diamankan dan dievakuasi ke rumah sakit.

Sebelumnya properti Polri juga menjadi sasaran. Markas Satuan Brimob Polda Jateng Batalyon B Pelopor Kompi 3, Watumas, Purwokerto, Jateng, jadi sasaran penembakan orang tak dikenal, Sabtu (25/5) sekira pukul 01.45 WIB. Seorang anggota Brimob yang tengah bertugas jaga, Bripka Imam Santosa, terserempet peluru di kepala sehingga harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Peristiwa ini hanya beberapa jam setelah terbakarnya Pos Polisi Pakis di Jalan Raya Solo-Yogyakarta Desa Wadung Getas Kecamatan Wonosari, Klaten. Jumat (24/5) sekira pukul 23.30 WIB, pos terbakar. Kebakaran diduga akibat ulah sejumlah orang tak dikenal.

Untuk diketahui Kartasura merupakan kota satelit bagi Surakarta atau Solo. Pada 25 September 2011, serangan bom bunuh diri juga terjadi di kota ini. Sebuah gereja di diguncang ledakan. Peristiwa ini mengakibatkan 28 orang terluka dan seorang tewas yang diidentifikasi sebagai pelaku bom bunuh diri.

Sejumlah pos polisi di Solo juga sempat menjadi sasaran teror. Pada Jumat dini hari, 17 Agustus 2012, sebuah pos Lebaran di perempatan Gemblekan diberondong tembakan. Dua polisi menderita luka tembak.

Beberapa hari kemudian, tepatnya Kamis malam 30 Agustus 2012, penembakan terhadap polisi terjadi pos polisi Singosaren, Jalan Rajiman Serengan, Solo. Seorang polisi tewas. (tribunsolo/tribunjateng)

Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved