Lebaran 2019

Siapa Saja Penerima Zakat? Begini Hitung-hitugannya Menurut Mubalig Muda Asal Banjarmasin Ini

Bulan Ramadhan adalah bulan penyucian diri, mensucikan kita dari dosa-dosa dan mensucikan kita dari sebab dosa dosa kita kepada Allah SWT.

Siapa Saja Penerima Zakat? Begini Hitung-hitugannya Menurut Mubalig Muda Asal Banjarmasin Ini
banjarmasinpost.co.id/salmah saurin
M Misran Darmy SThI, Mubaliq di Banjarmasin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Bulan Ramadhan adalah bulan penyucian diri, mensucikan kita dari dosa-dosa dan mensucikan kita dari sebab dosa dosa kita kepada Allah SWT.

Hadits shahih Bukhari tentang kewajiban zakat fitrah, sebagaimana Ibn Umar RA yang menukil perintah Rasulullah SAW bahwa beliau mewajibkan zakat fitrah.

Zakat fitrah itu zakat badan, mensucikan badan kita. Zakat harta lain lagi, zakat harta ada nishab dan haulnya bagi mereka yang menyimpan harta lebih daripada 84 gram emas murni atau uang seharga itu, tidak bergerak terus selama 1 tahun dan uang itu tidak berkurang antara 84 gram emas ke atas atau uang seharga tersebut maka kena zakat harta.

M Misran Darmy SThI, Mubaliq di Banjarmasin, menjelaskan, dengan mengeluarkan zakat fitrah, akan mensucikan badan kita. Karena zakat itu secara bahasa adalah kesucian dan membersihkan diri.

"Sedangkan secara syariah adalah mensucikan badan dengan mengeluarkan bahan pokok atau mengeluarkan harta untuk mensucikan tubuh kita," jelasnya.

Zakat fitrah telah boleh dilakukan mulai tanggal 1 Ramadhan dan zakat fitrah wajib bagi setiap manusia. Siapa? sebagaimana disabdakan nabi bahwa sebanyak apa zakat fitrah itu? yaitu 1 sha’ bahan pokok. Dimasa itu bahan pokok adalah kurma dan terigu.

Baca: INGAT! Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri, Istri, Anak, Keluarga Serta Aturannya, Idul Fitri 2019

Baca: Niat Zakat Fitrah dan Batas Akhir Bayar Zakat Fitrah Jelang Idul Fitri 1 Syawal 1440 H

Baca: LENGKAP! Bacaan Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri, Istri, Anak & Keluarga Sambut Idul Fitri 2019

Berarti ini tergantung pada wilayahnya dan wilayah kita adalah beras. Berapa jumlahnya yaitu 1 sha’. 1 sha’ adalah 4 mudd. Dan 4 mudd itu adalah kurang lebih 3,5 liter.

Siapa saja yang diwajibkan? orang yang merdeka, pria dan wanita besar maupun kecil semuanya kena zakat fitrah. Hukumnya wajib, tapi bagi yang mampu.

Terkecuali 8 kelompok orang yang akan saya sebutkan. Yang pertama Fuqara, fuqara tidak wajib zakat fitrah. Yang kedua Masakin. Siapa ini fuqara dan masakin? masakin lebih tinggi kemampuannya adripada faqir.

Fuqara adalah orang yang pendapatannya setiap bulannya kurang dari 50% kebutuhannya. Seandainya kebutuhan hidupnya, jika ia mempunyai istri dan anak, punya tanggungan, punya ayah bunda yang semuanya sudah tidak mampu bekerja.

Halaman
123
Penulis: Salmah
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved