ULM Peringkat 32 Sinta Ristekdikti

Rektor ULM Tiba-tiba Tulis Status di Akun Media Sosial

Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin menempati peringkat 32 Science and technology Index (Sinta) Ristekdikti.

Rektor ULM Tiba-tiba Tulis Status di Akun Media Sosial
banjarmasin post group/ nurkholis huda
Prof Sutarto Hadi saat diwawancari aaak media usai kemenangan atas Pilrek ULM 2018. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin menempati peringkat 32 Science and technology Index (Sinta) Ristekdikti. Rektor ULM Prof Sutarto Hadi pun berbangga dan menuliskan kabar itu melalui media sosial.

" Selamat ULM di peringkat 32: menuju terkemuka dan berdaya saing!," tulisnya.

Berdasarkan pengertian yang ada di laman Ristekdikti, bahwa SINTA (Science and Technology Index) merupakan portal yang berisi tentang pengukuran kinerja Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang meliputi kinerja peneliti, penulis, author, kinerja jurnal dan kinerja institusi Iptek.

Terpisah, Wakil Rektor I Bidang Akademik ULM Aminuddin Prahatama Putra, kepada reporter banjarmasinpost.co.id, Rabu (5/6/2019) mengatakan, portal ini untuk mendorong budaya publikasi ilmiah.

"Portal ini dibuat karena jumlah mahasiswa dan jumlah dosen belum sebanding dengan jumlah publikasi yang dihasilkan sehingga mengakibatkan peneliti Indonesia kurang dikenal masyarakat global," katanya.

Dikatakannya, Sinta sudah mengarah ke portal pengindeks global (Internasional) seperti Scopus yang sudah memiliki fitur yang lebih lengkap karena sudah dilengkapi dengan beberapa fitur seperti: Citation, Networking, Research dan Score. Portal Sinta dilengkapi beberapa fitur di antaranya, Citation yang menampilkan h-index dalam kurun waktu pertahun untuk Google Scholar dan Scopus.

Kemudian, Networking, untuk mengetahui networking peneliti dengan peneliti lain dan ketiga Research Oputput, berisi mengenai artikel jurnal, buku dan artikel seminar yang dihasilkan. Sedangkan pada bagian Score, dapat dilihat indeks di Scopus, Google Scholar dan InaSTI.

Keunggulan utama SINTA dibandingkan dengan portal peng-indeks yang lain yaitu dapat secara otomatis meng-indeks hasil karya yang telah ter-indeks di Google Scholar, Scopus, InaSTI dan Indonesian Publication Index (IPI).

Sistem pemeringkatan Sinta selalu berubah karena mengacu pada kinerja peneliti, penulis, author, kinerja jurnal dan kinerja institusi iptek yang sangat dinamis pada masing-masing perguruan tinggi.

"Jadi kalau sekarang ULM berada di 32, bisa saja nanti naik atau turun. Tahun 2018 yg lalu pernah berada pada peringkat di bawah 30," kata dia. (banjarmasinpost.co.id/Nia Kurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Moh. Choiruman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved