Idulfitri 2019

Saat Khutbah Ibnu Sina Berharap Ramadan Jangan Cepat Berlalu

Saat bertindak sebagai khatib di Masjid Darul Hikmah, Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina berharap Ramadan Jangan Cepat Berlalu

Saat Khutbah Ibnu Sina Berharap Ramadan Jangan Cepat Berlalu
Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti
H Ibnu Sina, Wali Kota Banjarmasin 

BANJARMASIN POST.CO.ID, BANJARMASIN-Pada lebaran Idulfitri 1440 Hijriah, Wali Kota Banjarmasin melaksanakan Salat Idulfitri di Masjid Darul Hikmah yang berada di Jalan Cemara Raya Kompleks Perumnas Kayutangi Banjarmasin, Rabu (5/6/2019) pagi.

Pada kesempatan itu, orang nomor satu di Kota Seribu Sungai ini didaulat untuk menyampaikan khutbah di depan ratusan warga yang mengikuti Salat Ied di masjid tersebut. Mantan anggota DPRD Kalsel ini mengangkat tema khutbahnya tentang Ramadan Jangan Cepat Berlalu.

Menurutnya, yang perlu diperhatikan seorang muslim adalah ibadah kepada Allah SWT, berlomba-lomba dan bersungguh-sungguh dalam ketaatan serta sesuatu yang Allah SWT ridloi tidak hanya terhenti di Bulan Ramadan saja, atau ketaat tersebut tidak terbatas di waktu-waktu tertentu saja.

“Walaupun Bulan Ramadan telah usai, namun ibadah kepada Allah SWT tidak mengenal berhenti dan janganlah berlalu seiring berlalunya Bulan Ramadan,” jelasnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan tentang puasa enam hari setelah puasa Bulan Ramadan.
Katanya, Allah SWT mewajibkan berpuasa satu bulan penuh di Bulan Ramadan. Namun ibadah puasa itu tidak hanya terdapat di Bulan Ramadan saja.

“Masih ada puasa-puasa sunnah. Di antaranya puasa sunah yang paling agung adalah puasa enam hari di Bulan Syawal,” katanya.

Manfaat dan keutamaan puasa enam hari di Bulan Syawal itu, terangnya lagi, diantaranya sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas taufik Nya karena telah mampu menyelesaikan puasa di Bulan Ramadan, kemudian mensyukuri taufik dibimbing menuju ketaatan dan ketaatan setelah Bulan Ramadan.

“Oleh karena itu, dalam rangka syukur kepada Allah SWT hendaknya kita segera menunaikan puasa enam hari di Bulan Syawal,” ujarnya. (banjarmasinpost.co.id/Khairil Rahim)

Penulis: Khairil Rahim
Editor: Moh. Choiruman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved