Dunia Gawai

Takut Baterai Smartphone Kamu Cepat Habis? Begini Cara Memaksimalkan Daya Tahan Baterai

Saat ini smartphone menjadi salah satu benda paling penting yang harus selalu dibawa kemana pun kita pergi. Pasalnya selain untuk berkomunikasi

Takut Baterai Smartphone Kamu Cepat Habis? Begini Cara Memaksimalkan Daya Tahan Baterai
Oik Yusuf/ Kompas.com
Baterai Li-Po Redmi 2 Prime berkapasitas 2.200 mAh dan dilapis stiker berwarna jingga seperti baterai-baterai smartphone lainnya dari Xiaomi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Saat ini smartphone menjadi salah satu benda paling penting yang harus selalu dibawa kemana pun kita pergi. Pasalnya selain untuk berkomunikasi, smartphone juga bisa digunakan untuk beragam hal lain seperti untuk hiburan bahkan untuk penunjuk jalan.

Agar dapat terus dapat digunakan, smartphone tentu harus terus menyala. Artinya, dibutuhkan daya tahan baterai yang besar agar smartphone bisa terus digunakan selama dalam genggaman.

Namun, meski saat ini banyak smartphone dengan kapasitas baterai yang besar, penggunaan yang intensif akan tetap membuat baterai smartphone dengan cepat terkuras. Lantas bagaimana caranya agar kita dapat memaksimalkan dan menjaga daya tahan baterai smartphone?

Berikut ini adalah beberapa tips agar baterai smartphone bisa tahan lebih lama, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari berbagai sumber, Rabu (5/6/2019).

Baca: NEWS VIDEO : Open House di Kediaman HG (P) Rusdi Effendi AR Dihadiri Beragam Kalangan

Baca: NEWSVIDEO : 12 Warga Binaan Lapas Banjarmasin Bebas, Ini Kata Salah Satu Mantan Warga Binaan

Baca: Kesalahan Suami Nagita Slavina, Raffi Ahmad Soal Anak Diungkap ke Paula Verhoeven & Baim Wong

Jangan biarkan baterai kosong total

Agar baterai tidak cepat habis, kondisi kesehatan baterai pun perlu diperhatikan. Agar tidak cepat rusak, usahakan agar baterai tetap terisi di atas 50 persen atau lebih.

Usahakan baterai terus berada pada kisaran 40 persen dan 80 persen untuk mempertahankan masa hidup yang optimal. Hindari juga pengisian daya selama semalaman.

Gunakan Airplane Mode

Airplane mode dapat mematikan semua sinyal radio ponsel Anda. Namun cara ini sangat efektif untuk memperpanjang daya tahan baterai.

Meski menggunakan airplane mode, Anda juga masih tetap bisa terhubung ke internet lewat Wifi. Caranya, ketika airplane mode telah aktif, cukup tekan tombol Wifi yang ada pada bagian atas layar.

Update seluruh aplikasi yang ada

Jika anda melihat ada perintah untuk segera memperbarui salah satu aplikasi yang terinstal di smartphone Anda, lakukanlah dengan segera. Pasalnya pembaruan tersebut biasanya berisi sejumlah perbaikan bug yang juga dapat mengoptimalkan daya tahan baterai perangkat.

Lakukanlah pembaruan aplikasi yang ada pada smartphone Anda secara berkala. Meski hanya berupa update minor, sebaiknya jangan menunda-nunda pembaruan tersebut.

Hai Guys! Berita ini ada juga di KOMPAS.com

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved