Libur Lebaran 2019

Lokasi Wisata Kebanjiran Pengunjung, Polisi Perkuat Pengamanan

Adapun sejumlah tempat wisata yang cukup popuper di kalangan masyarakat Banua yang berlokasi di Banjarbaru yakni wisata alam Danau Seran

Lokasi Wisata Kebanjiran Pengunjung, Polisi Perkuat Pengamanan
istimewa
Danau Seran 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Memasuki hari kedua Idulfitri 1440 Hijriah, kepadatan mulai tampak di sejumlah lokasi wisata. Masyarakat tampaknya memanfaatkan hari libur Lebaran, tidak hanya untuk bersilaturahmi dengan kerabat dan keluarga, tapi juga berwisata.

Untuk membantu mengamankan jalur menuju lokasi wisata dan memberikan panduan kepada para pelancong yang datang, berbagai persiapan telah dilakukan instansi terkait. Di Hulu Sungai Tengah (HST), misalnya, pemerintah daerah setempat menyediakan Pos Pengamanan Mudik yang bisa dimanfaatkan pelancong. Misalnya Pos PAM Murakata, Pos PAM Wisata Batu Benawa, Pos PAM Wisata Hantakan, dan Pos PAM Wisata Haruyan.

Dirlantas Polda Kalsel, Kombes Pol Mujiono sebelumnya menjelaskan khusus daerah wisata Loksado juga rawan karena tanjakannya cukup tajam. "Karena itu kami juga harapkan dinas terkait menyiapkan bengkel rujukan serta bengkel mobile, derek untuk mengantisipasi kamvas rem yang aus serta kendaraan mogok," urainya.

Selain di wilayah Loksado, juga ada beberapa titik wisata yang menjadi pusat liburan masyarakat dalam memanfaatkan momen libur Lebaran.

Sementara itu, Kapolres Banjarbaru AKBP Kelana Jaya melalui Kabag Ops Polres Banjarbaru Kompol Mujiono menjelaskan ada sebanyak 267 personel yang dilibatkan untuk pengamanan. "Sebarannya malam takbiran 88, salat id 60 personil, pos jaga lebaran 142 personil," urai Kompol Mujiono.

Selain itu, juga ada yang di stanbykan untuk menjaga kawasan Wisata di Banjarbaru sebanyak 15 personil.

Senada, Kadis Pariwisata Kalsel, Dahnial Kifli, Kamis (6/6/2019), menuturkan bahwa keterlibatan pemerintah dalam memberikan pelayanan bagi pemudik yang melancong di tempat wisata ini terus disiagakan dan diperkuat.

"Misal di Loksado, dan areal wisata alam semisal Kiram dan juga ada lokasi wisata pantai, dan ini sudah secara otomatis mereka menyiapkan pelayanan ketika momen Lebaran ini," kata Dahnial.

Adapun sejumlah tempat wisata yang cukup popuper di kalangan masyarakat Banua yang berlokasi di Banjarbaru yakni wisata alam Danau Seran di Banjarbaru; Monumen ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan di Jalan AYani Km 20; Bekantan Park di Jalan Guntung Manggis Banjarbaru; agrowisata kebun durian di Banjarbaru, museum Lambung Mangkurat Jalan A Yani Km 35,5 Banjarbaru; Lapangan Murjani,Taman Van Der Piejl, Kolam Renang Idaman, pendulangan Intan Pumpung Cempaka; Kebun Raya Banua di Kompleks Perkantoran Pemprov Kalsel; Rumah Sangkut Gunung Kupang, Hutan Kota Mentaos; Amanah Borneo Park; danau Kota Citra; Rumah Pohon di Desa Beruntung Jaya Kelurahan Sungai Tiung Kecamatan Cempaka: aquatica water park; Hutan Pinus; Kampung Pejabat; Kampung Pelangi; dan Danau Carmin. (banjarmasinpost.co.id /lis).

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Anjar Wulandari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved