KalselPedia

Pulau Kaget Punya Daya Pikat Selangit

Pulau Kaget sebuah delta di tengah-tengah Sungai Barito yang merupakan habibat bekantan, primata khas Kalimantan Selatan

Pulau Kaget Punya Daya Pikat Selangit
banjarmasinpost.co.id/restudia
Bagi warga yang masih ingin melihat binatang langka (Bekantan) ini, bisa mendatangi Pulau Kaget di Batola. 

BANJARMASINPOST.CO.ID,BATOLA - Pulau Kaget berupa sebuah delta di tengah-tengah Sungai Barito yang termasuk dalam wilayah administratif Kecamatan Tabunganen, Kabupaten Baritokuala (Batola), Kalimantan Selatan. Pulau Kaget ditetapkan sebagai cagar alam berdasar SK Menteri Pertanian No. 788/Kptsum11/1976. Luasnya 85 hektare.
Kondisi alam pulau ini kritis karena adanya penebangan pohon, khususnya pohon rambai padi yang merupakan sumber makanan bagi bekantan (Nasalis Larvatus). Bekantan berupa kera berhidung panjang yang merupakan maskot fauna Provinsi Kalimantan Selatan. Primata itu hanya bisa ditemukan di beberapa kawasan tertentu di Kalimantan Selatan.
Pulau Kaget terbentuk dari endapan lumpur di muara Sungai Barito. Untuk mencapai pulau itu traveler bisa menggunakan perahu dari tepi Sungai Barito. Waktu tempuh sekitar 15 menit.
Di pulau itu, traveler bisa melihat lebih dari 2.000 ekor bekantan dan beberapa spesies burung khas. Dan, jangan kaget ketika traveler turun dari perahu lalu disambut suara-suara gemuruh kawanan bekantan.Penduduk setempat menuturkan, ekspresi kekagetan para pengunjung itulah yang kemudian disematkan menjadi nama pulau berlumpur tersebut.
Sangat di rekomendasikan traveler menuju Pulau Kaget ketika pagi hari, karena para bekantan akan muncul di pohon tepi sungai. Traveler juga bisa menemui berbagai macam kera, mulai dari kera ekor panjang, lutung, elang laut dan beberapa fauna lain didalamnya termasuk beberapa jenit tumbuhan seperti mangrove, rambai, nipah, bakung dan api-api. (banjarmasinpost.co.id/edi nurgoho)

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Mulyadi Danu Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved