Mudik Lebaran 2019

Tiket Mahal, Pemudik Lewat Syamsudin Noor Berkurang Drastis

Pada H-1 tahun 2019 dilaporkan kedatangan penumpang melalui Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru hanya 1.281 penumpang.

Tiket Mahal, Pemudik Lewat Syamsudin Noor Berkurang Drastis
Banjarmasin Post Group
Suasana penumpang di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin. 

BANJARMASIN POST.CO.ID, BANJARBARU - Perkembangan pemudik pada H-1 Lebaran memang menunjukkan tren menurun. Namun laporan dari posko Lebaran di Bandara Syamsudin Noor diketahui penumpang yang datang dan penumpang yang berangkat pada tahun ini memang sangat berkurang, jika dibandingkan dari tahun 2018.

Pada H-1 tahun 2019 dilaporkan kedatangan penumpang melalui Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru hanya 1.281 penumpang. Kondisi ini justru lebih turun jika dibandingkan periode sama di tahun lalu yang menyentuh angka 2.503 penumpang datang. Alias ada pengurangan sekitar minus 48,82 persen.

Dari total selama dibuka posko, penumpang terekam turun juga l, dimana ditotal sebanyak 47.725 di 2019, sementara di tahun 2018 menyentuh angka 59.409. Terjadi penurunan minus 19,67 persen hingga H minus satu.

Communication dan Legal Section Head PT Angkasa Pura I Bandara Syamsudin Noor, Aditya Putra mengemukakan jika pada puncak arus mudik tahun ini jumlah penumpang berada di angka 11.334, maka mengalami penurunan sekitar 10 persen dibandingkan 2018.

Di mana saat itu penumpang pada puncak arus mudik lebih dari 14 ribu. "Dari awal, trennya memang sudah terlihat cenderung negatif dibandingkan tahun lalu," kata Adit.

Dia mengungkapkan, penurunan tren sudah terlihat sejak awal 2019. Ketika, sejumlah maskapai penerbangan menerapkan bagasi berbayar dan menaikkan harga tiket. "Jadi kemungkinan penurunan tren karena dua faktor itu," tambahnya.

General Manajer (GM) Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Indah Preastuty menyebut pengguna jasa maskapai penerbangan selama 2019 mengalami penurunan sekitar 25 sampai 30 persen dibandingkan tahun lalu. "Biasanya jumlah penumpang setiap harinya mencapai kisaran 10 ribu orang. Saat ini tercatat hanya tujuh ribu orang saja per harinya," ujarnya.

Dia juga menduga penurunan jumlah penumpang terjadi akibat masih tingginya harga tiket pesawat. Sementara itu, Manager Operasi Angkasa Pura 1 Syamsudin Noor, Rully Artha, Kamis (6/6/2019) memprediksi arus balik
kemungkinan akan ada peningkatan pada Sabtu - Minggu, tanggal 8-9 Juni 2019. (banjarmasinpost.co.id /lis)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Anjar Wulandari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved