Berita Kalteng

Tiket Pesawat Mahal, Penginapan di Sampit Malah Untung

Kapal angkutan penumpang di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, semakin ramai karena kebanyakan yang mudik

Tiket Pesawat Mahal, Penginapan di Sampit Malah Untung
Banjarmasin Post Group
Pelabuhan Sampit, saat hari lebaran , Rabu (5/6/2019) tampak sepi dari aktivitas kapal penumpang, karena semua penumpang sudah terangkut saat arus mudik Lebaran. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, SAMPIT - Tingginya harga tiket pesawat yang masih terjadi hingga saat ini membuat warga di Kalimantan Tengah, yang ingin mudik dan balik Lebaran memilih menggunakan kapal laut untuk bepergian antarpulau.

Kapal angkutan penumpang di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, semakin ramai karena kebanyakan yang mudik berlebaran ke Sampit menggunakan kapal laut adalah kalangan mahasiswa Kalteng yang sedang studi di Jawa.

Bukan hanya kalangan mahasiswa, beberapa pedagang asal Kalteng pun yang dulunya bepergian ke Pulau Jawa untuk membeli barang menggunakan pesawat, saat ini banyak yang beralih menggunakan kapal laut karena dinilai lebih murah.

"Harga tiket pesawat gila-gilaan, terus tiketnya juga habis sehingga untuk berbisnis, kami tidak lagi menggunakan angkutan pesawat terbang, memilih beralih menggunakan kapal laut, karena harga tiket jauh lebih murah," ujar Hadrawi, warga Jalan Ketapang , Sampit, Kamis (6/6/2019).

Sementara itu, Saidah salah seorang pengelola penginapan di dekat Pelabuhan Sampit, mengatakan, selama penumpang kapal laut ramai saat arus mudik dan balik lebaran, membawa berkah untuk bisnis penginapan di sekitar pelabuhan Sampit.

Ini, karena calon penumpang yang kebanyakan merupakan karyawan dari kebun kelapa sawit di Kalteng memilih menginap dahulu sehari sebelum naik kapal untuk mudik atau balik lebaran."Ketika ada kapal penumpang datang atau mau berangkat kebanyakan nginap semalam di penginapan kami," ujarnya. (banjarmasinpost.co.id/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Anjar Wulandari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved