Lebaran 2019

Waktu Besuk Dibuka 2 Hari, Pengunjung Lapas Banjarmasin Mencapai 7.000 Orang

Seolah telah menjadi pemandangan rutin setiap tahunnya, lembaga pemasyarakatan atau Lapas, selalu menjadi sasaran para pengunjung berlebaran.

Waktu Besuk Dibuka 2 Hari, Pengunjung Lapas Banjarmasin Mencapai 7.000 Orang
Banjarmasinpost.co.id/Ahmad Rizky Abdul Gani
Suasana besuk hari kedua Lapas Kelas II Kota Banjarmasin Kalsel, Jumat (7/6) siang. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Seolah telah menjadi pemandangan rutin setiap tahunnya, lembaga pemasyarakatan atau Lapas, selalu menjadi sasaran para pengunjung berlebaran.

Bahkan Lapas Kelas II Kota Banjarmasin yang semula telah membuka kesempatan besuk warga binaannya terhitung sejak Kamis (6/6/2019) kemarin pun mengalami lonjakan pengunjung yang signifikan hingga Jumat (7/6/2019) tadi.

Plt Kepala Lapas Kelas II Kota Banjarmasin, Kusbiantoro saat dikonfirmasi melalui sambungan teleponnya Jumat sore tadi, pun membenarkan hal tersebut.

Pasalnya jika pengunjung lebaran tahun lalu hanya berkisar 3.000 pengunjung, tahun ini justru meningkat dua kali lipat lebih.

" Iya betul meningkat. Terutama pada Kamis kemarin, pengunjung bahkan sampai 5.200 orang. Sedangkan tahun lalu hanya 3.000 orang atau meningkat dua kali lipat dibanding tahun lalu," jelasnya.

Baca: Catat! Pemprov Kalsel Beri Dispensasi Izin yang Jatuh Tempo, Pelayanan Perizinan Normal Senin (10/6)

Baca: SEDANG BERLANGSUNG! Live Streaming Supersoccer TV Kolombia vs Ukraina Perempatfinal Piala Dunia U-20

Baca: Sejumlah Personil Disiagakan di Lokasi Wisata Kalsel, Inilah 20 Tempat Wisata di Kota Banjarbaru

Meskipun tambah Kusbiantoro lagi penurunan pengunjung justru terjadi pada Jumat (7/6/2019) tadi. Pasalnya jika hari pertama mencapai 5.200, Jumat kemarin hanya mencapai 1.800 orang.

" Sehingga jika ditotal selama dua hari ini tadi mencapai 7.000 pengunjung," katanya.

Kusbiantoro juga mengungkapkan rasa syukurnya untuk situasi waktu besuk lebaran 2019 tadi yang berjalan aman dan lancar.

Itu menurutnya selain peran serta masyarakat yang telah paham dengan aturan pihaknya tetapkan, juga pengetatan pengamanan.

" Iya seperti biasa, petugas keamanan selain melibatkan personel kami, juga polsek dan koramil. Sedangkan untuk total personel jaga setiap harinya pada lebaran ini mencapai sekitar 60 orang," jelasnya.

Selain itu, tambah Kusbiantoro lagi guna menangkal masuknya barang-barang terlarang seperti handphone dan lainnya, pihaknya kini juga telah menyediakan X-ray untuk pemeriksaan bawaan pembesuk.

Waktu besuk lebaran kali ini dibagi menjadi dua sesi yakni pagi dan siang. Untuk pagi terhitung sejak pukul 8.30 hingga 11.30, sedangkan siang dari pukul 13.30 hingga 15.30.

" Iya, sehingga pengunjung pun bisa lebih leluasa, karena kalau hari biasa kan mereka hanya sampai jam 12 saja. Selain itu, mereka juga bisa berulang-ulang masuk membesuk keluarganya, misalnya datang pagi, kemudian siang begitu lagi. Tapi asalkan daftar dulu, " tutup Plt Kepala Lapas Banjarmasin tersebut.

(banjarmasinpost.co.id /Ahmad Rizki Abdul Gani)

Penulis: Ahmad Rizky Abdul Gani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved