KalselPedia

KalselPedia : Berikut Daftar Jalan Rawan Macet dan Kecelakaan yang Perlu Diwaspadai Pemudik

Titik rawan kemacetan dan titik rawan kecelakaan adalah titik-titik yang perlu diwaspadai bagi pengedara atau pemudik di ruas jalan yang dilalui

KalselPedia : Berikut Daftar Jalan Rawan Macet dan Kecelakaan yang Perlu Diwaspadai Pemudik
banjarmasinpost.co.id/nurkholis huda
Suasana salah satu kondisi kemacetan di Batas Kota Banjarbaru-Kabupaten Banjar atau di depan Q Mall Banjarbaru. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN -Titik rawan kemacetan dan titik rawan kecelakaan adalah titik-titik yang perlu diwaspadai bagi pengedara atau pemudik di ruas jalan yang dilalui pemudik pada lebaran 2019.

Nah, Bagi masyarakat yang punya rencana arus balik lewat jalur darat pada lebaran tahun ini sangat disarankan berhati-hati. Sebab, ada sejumlah titik rawan macet dan titik rawan kecelakaan mengintai.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs Yazid Fanani melalui Dirlantas Polda Kalsel, Kombes Pol Muji Ediyanto menyampaikan, berdasarkan data mereka total ada 25 titik rawan kecamacetan dan kecelakaan lalu lintas yang tersebar di 13 kabupaten/kota di Kalsel.

Daerah rawan laka paling banyak ada di Kabupaten Banjar. Di sana ada sekitar 12 titik. Sedangkan terbanyak kedua di Tapin, dengan tujuh titik,

lokasi tersebut menjadi titik rawan laka lantaran kondisi jalannya yang tak bersahabat dengan pengendara; Ada yang rusak, dipenuhi lubang, menikung terlalu tajam dan minim penerangan. Untuk jalan yang rusak ini sudah diatasi ketika H minus 7 Sebelum lebaran.

Baca: Kalselpedia : Inilah 11 Kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah

Baca: KalselPedia - Di Sini Gedung Pelayanan BPKB Polda Kalsel, Juga Ada Sejumlah Fasilitas Lainnya

Baca: KalselPedia - Inilah Nama-nama Masjid di Kota Banjarmasin, dari Masjid Sabilal Hingga Al Jihad

Semisak diantaranya; Jalan A Yani Km 218, Kecamatan Sungai Loban. Serta, Jalan A Yani Km 205, Km 195 dan Km 190. Yang keseluruhannya berada di wilayah hukum Polres Tanah Bumbu.

Sedangkan, untuk jalan yang membahayakan akibat terlalu menikung salah satunya ialah Jalan A Yani Km 173, Desa Pemangkih, Hulu Sungai Tengah. Tikungan di sana hampir 90 derajat, dengan super elevasi yang tidak tepat. Ditambah dengan minimnya penerangan, membuat jalur di sana rawan laka.

Selain ditemukan sejumlah titik jalan rawan kecelakaan, dia menyebut di Kalsel juga ditemukan beberapa kawasan rawan kemacetan. Sesuai data terhimpun, ada sekitar 25 titik rentan macet yang tersebar di Kalsel.

Daerah rawan macet terbanyak berada di Tabalong dengan total lima titik. Disusul, Banjarmasin, Tanah Bumbu dan Kotabaru yang masing-masing terdapat empat kawasan rawan kemacetan. Untuk mengatasi kemacetan, jajaran polres akan mengoptimalisasi patroli roda dua di wilayah hukumnya masing-masing.

Solusi selanjutnya personel yang patroli akan membagi volume kendaraan dan melakukan buka tutup arus lalu lintas jika kemacetan terjadi di salah satu titik. Personel juga bakal melakukan pengaturan di Traffic Light tertentu untuk mengurangi kepadatan arus.

Halaman
1234
Penulis: Nurholis Huda
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved