Berita Tanahbumbu

Ratusan Rumah Terendam, Sebagian Warga di Empat Desa Kecamatan Mentewe Tanahbumbu Dievakuasi

Empat desa terjadi banjir di antaranya Dukuhrejo, Sarimulya, Sukadamai dan Mentawakan Mulya, sebagian warga terpaksa dievakuasi ke tempat aman.

Ratusan Rumah Terendam, Sebagian Warga di Empat Desa Kecamatan Mentewe Tanahbumbu Dievakuasi
HO/Camat Mentewe untuk Banjarmasinpost.co.id
Kondisi rumah warga di Kecamatan Mentewe, Tanahbumbu terendam, Sabtu (8/6/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID,BATULICIN - Hujan deras mengguyur Kabupaten Tanahbumbu, Sabtu (8/6/2019). Hujan terjadi sejak pagi hingga siang hari membuat rumah-rumah warga di beberapa desa di wilayah ini terendam.

Seperti terjadi di Kecamatan Mentewe. Selain ratusan rumah di empat desa teredam banjir, juga memaksa penghuninya harus dievakuasi untuk diungsikan ke rumah-rumah tetangga yang lebih aman.

Empat desa terjadi banjir di antaranya Dukuhrejo, Sarimulya, Sukadamai dan Mentawakan Mulya. Dari empat desa tersebut, desa Dukuhrejo terbanyak rumah yang terendam yakni 130 rumah, sedangkan di desa Sukadamai 6 rumah, Sarimulya 3 rumah, dan Mentawakan Mulya 10 rumah.

"Sebenarnya ada enam desa, tapi dua desa seperti Batuharang belum terdata karena belum bisa masuk ke sana," kata Camat Mentewe Sulhadi kepada banjarmasinpost.co.id.

Baca: Tak Menjawab Saat Diajak Makan Siang, Ternyata Sofia Ditemukan Gantung Diri Usai Rayakan Lebaran

Kecuali empat desa tersebut sudah ditinjau dan sebagian telah dievakuasi ke tetangga yang lokasinya lebih aman, karena berada di bantaran sungai.

Menurut Sulhadi, pihaknya akan mendirikan posko untuk warga desa Dukuhrejo, karena terbanyak jumlah kepala keluarga (KK) atau 130 rumah.

"Masih ada sebagian yang tidak mau dievakuasi. Terutama mereka yang tua-tua tidak mau keluar rumah, padahal rumahnya sudah terendam. Malam ini akan dievakuasi, masih menunggu perahu BPBD," jelas Sulhadi.

Kondisi rumah warga terdampak banjir di Kecamatan Mentewe, Tanahbumbu
Kondisi rumah warga terdampak banjir di Kecamatan Mentewe, Tanahbumbu (HO/Camat Mentewe untuk Banjarmasinpost.co.id)

Pihaknya akan berusaha mengevakuasi sebagian masih tetap tinggal di rumah, karena khawatir sementara kondisi air masih naik.

Baca: Cantiknya Sosok Nadine Kaiser, Putri Menteri Susi yang Dijodoh-jodohkan ke Gading Marten

"Air bertambah dalam. Memang daerah langganan. Apalagi berapa hari ini hujan terus. Di sini aktivitas masyarakat berkebun sawit," pungkasnya.

Akibat banjir merendam di empat desa, aktivitas warga setempat menjadi lumpuh.

(BANJARMASINPOST.co.id/helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved