Kesehatan

Studi Terbaru, Minum Kopi 25 Gelas Sehari, Masih "Oke" untuk Kesehatan, Benarkah?

Sebuah studi terbaru mengungkapkan, 25 kopi cangkir kopi dalam sehari masih dianggap jumlah moderat dan tidak mengganggu kesehatan.

Studi Terbaru, Minum Kopi 25 Gelas Sehari, Masih
Getty Images/iStockphoto
Ilustrasi kopi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Batasan maksimal jumlah konsumsi kopi bagi penikmat kopi dalam sehari terus menerus menjadi perbincangan yang menarik.

Sebuah studi terbaru mengungkapkan, 25 kopi cangkir kopi dalam sehari masih dianggap jumlah moderat dan tidak mengganggu kesehatan.

Dilansir dari Kompas.com, Studi dilakukan oleh para peneliti dari William Harvey Research Insitute, Queen Mary University.

Studi disampaikan Senin kemarin pada konferensi British Cardiovascular Society (BCS) di Manchester and sebagian didanai oleh British Heart Foundation (BHF).

Jumlah 25 cangkir per hari dianggap tidak akan membuat pembuluh arteri kaku.

Dr. Kenneth Fung, yang memimpin analisa data untuk riset tersebut menjelaskan, walaupun popularitas kopi di seluruh dunia sudah tak lagi dipertanyakan, sejumlah studi bisa menghalangi para penikmat kopi untuk menikmati minuman kesukaannya.

Baca: Tidak Pernah Terekspos, Ternyata Begini Wajah Ibu Kandung Najwa Shihab, Cantik dan Awet Muda

"Meskipun kami tidak bisa membuktikan hubungan sebab-akibat dari studi ini, penelitian kami mengindikasikan, kopi tidak berbahaya bagi pembuluh arteri seperti yang sejumlah studi katakan," kata Fung.

Studi dilakukan terhadap 8.000 partisipan dari Inggris. Partisipan dibagi menjadi tiga kelompok, sesuai dengan kemampuan konsumsi kopi mereka.

Meskipun studi tersebut mengatakan ada kelompok orang yang menganggap kopi hingga 25 cangkir sehari masih dalam jumlah rata-rata. Meski, pada kenyataannya, konsumsi kopi rata-rata orang per hari hanya berkisar lima cangkir.

"Kami ingin meneliti kelompok orang tersebut lebih mendalam di masa mendatang, sehingga kami bisa memberikan batas anjuran konsumsi," kata Fung.

Halaman
12
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved