Menikmati Wisata Pantai Ujung Pandaran

Gelombang Besar Jadi Ancaman Kerusakan Pantai Ujung Pandaran Kotim dan Rumah Penduduk

Keberadaan Pantai Ujung Pandaran yang terletak di Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, selama ini dimanfaatkan

Gelombang Besar Jadi Ancaman Kerusakan Pantai Ujung Pandaran Kotim dan Rumah Penduduk
Banjarmasinpost.co.id/Faturahman
Susunan karung berisi batu yang dipasang di bibir pantai Ujung Pandaran ini salah satu upaya menjaga pantai agar tidak rusak akibat abrasi ombak laut jawa. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, SAMPIT -Keberadaan Pantai Ujung Pandaran yang terletak di Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, selama ini dimanfaatkan sebagai lokasi wisata.

Bagi sebagian lainnya juga untuk ziarah kubur atau makam keramat yang ada di lokasi tersebut. Namun, kondisi gelombang tinggi yang makin ganas menghantam bibir pantai menjadi nasalah tersendiri bagi pantai.

Warga setempat selama ini mengeluhkan hal tersebut, apalagi sudah banyak rumah nelayan yang hancur dihantam ombak pesisir laut jawa tersebut, sehingga eksistensi pantai tersebut juga terancam.

Dalam mengelola pantai tersebut, Pemkab Kotawaringin Timur, terus berupaya agar pantai tidak tenggelam oleh deburan ombak laut jawa yang semakin lama semakin menghantam bibir pantai.

Baca: Pengunjung Berwisata Sambil Berjiarah ke Kuburan saat Menikmati Wisata Pantai Ujung Pandaran

Baca: Takut Berlayar, Perahu Nelayan Berjejer di Atas Pasir Pantai, Jadi Pemandangan Paling Unik

Baca: Ada Jalan Berlubang Ternyata Mengganggu Pengendara Menuju Pantai Ujung Pandaran

Baca: Pantai Ujung Pandaran Wisata Andalan Kotim, Diserbu Warga di Lebaran Kedua, Ini Daya Tariknya

Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, H Supian Hadi, berupaya meminta bantuan Kementerian Kelautan untuk memasang sabuk pantai untuk menghalang abrasi gelombang.

"Kami terus berupaya agar pantai Ujung Pandaran tetap terjaga sehingga dipasang sabuk pemecah ombak agar kondisi pantai tetap terjaga dari abrasi ombak air laut jawa," ujarnya.

(banjarmasinpost.co.id/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved