Berita Regional

Goncangan Gempa di Perairan Bali Hanya Dirasakan di Gianyar, Bermagnitudo 5,2, Jateng 5,5

Gempa bumi dengan Magnitudo 5,2 terjadi di perairan Pulau Bali atau di sekitar Samudera Hindia, Minggu (9/6/2019) pukul 17.47 Wita.

Goncangan Gempa di Perairan Bali Hanya Dirasakan di Gianyar, Bermagnitudo 5,2, Jateng 5,5
BMKG
gempa bali 

BANJARMASINPOST.CO.ID, DENPASAR –Hampir bersamaan, saat selatan Jateng digoyang gempa bermagnitudo 5,5, Minggu (9/6/2019), Bali juga terjadi gempa bumi.

Dilansir dari Kompas.com, gempa bumi dengan Magnitudo 5,2 terjadi di perairan Pulau Bali atau di sekitar Samudera Hindia, Minggu (9/6/2019) pukul 17.47 Wita.

Dari laporan awal Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali. guncangan hanya dirasakan di wilayah Gianyar.. Gempa berpusat di tengah laut, sekitar 331 kilometer tenggara Kabupaten Badung, Bali.

Dari laporan sementara yang dihimpun BPBD Bali hingga Minggu petang, belum ada laporan kerusakan terkait gempa yang terjadi Minggu sore. Kepala BPBD Bali Made Rentin menyatakan, pihaknya terus mengumpulkan informasi dan laporan dari jajaran BPBD di seluruh Bali mengenai dampak gempa itu.

“Belum ada laporan terjadinya kerusakan atau korban,” kata Rentin ketika dihubungi Kompas.

Baca: Gempa Bermagnitudo 5,5 Guncang Selatan Jawa Tengah, Wisatawan di Pantai Cilacap Berlarian

Gempa hanya dirasakan di wilayah Gianyar sedangkan di daerah lainnya di Bali, termasuk di Kabupaten Badung maupun Kabupaten Klungkung, getaran gempa tidak dirasakan.

Menurut laporan yang dikumpulkan BPBD Bali, gempa dirasakan di wilayah Gianyar sedangkan di daerah lainnya di Bali, termasuk di Kabupaten Badung maupun Kabupaten Klungkung, getaran gempa tidak dirasakan. Sejauh ini belum ada laporan terjadinya kerusakan maupun korban terkait dampak gempa tersebut.

Secara terpisah, Kepala BPBD Klungkung I Putu Widiada mengatakan, belum ada laporan dampak terkait gempa di perairan selatan Bali itu. “Dari kawasan Nusa Penida dan sekitarnya juga belum ada laporan (terkait gempa),” ujar dia.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menginformasikan gempa dengan kekuatan 5,2 pada skala Richter (SR) atau dengan Magnitudo 5,2 terjadi pada Minggu (9/6) pukul 16.47.40 Wib atau pukul 17.47.40 Wita. Lokasi gempa berpusat di tenggara Bali dengan kedalaman 10 kilometer.

Pusat gempa berjarak sejauh 331 kilometer dari Nusa Dua atau sekitar 348,7 kilometer dari kawasan Kuta, Kabupaten Badung. BMKG menyatakan gempa itu tidak berpotensi tsunami.

Baca: Gempa Guncang Kudus Jawa Tengah Rabu (22/5) Siang, Gatarannya hingga Demak dan Jepara

Dalam siaran pers yang dirilis BPBD Bali, disebutkan gempa di perairan Bali itu hanya berselang 15 menit pascagempa bermagnitudo 5,7 yang berpusat 88 kilometer barat daya Cilacap, Jawa Tengah. BPBD Bali mengimbau masyarakat untuk tenang dan tidak panik. Masyarakat agar memperoleh informasi yang bersumber dari lembaga resmi, yakni BMKG dan BPBD.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: Gempa di Perairan Bali Hanya Dirasakan di Gianyar

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved