KalselPedia

KalselPedia : Profil Ponpes Pendidikan Islam Parigi di Desa Habirau Tengah, Daha Selatan, HSS

Kompleks Ponpes Pendidikan Islam Parigi adalah kompleks pendidikan Islam dasar hingga tingkat atas yang berada di Desa Habirau Tengah

KalselPedia : Profil Ponpes Pendidikan Islam Parigi di Desa Habirau Tengah, Daha Selatan, HSS
Kalsel.kemenag.go.id
Kompleks Ponpes Pendidikan Islam Parigi di Desa Habirau Tengah, Kecamatan Daha Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalsel. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Kompleks Ponpes Pendidikan Islam Parigi adalah kompleks pendidikan Islam dasar hingga tingkat atas yang berada di Desa Habirau Tengah, Kecamatan Daha Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalsel.

Ponpes ini dinaungi Yayasan Pendidikan Islam Parigi (YAPIP) dan berada di lingkungan masjid besar Al Ihya dan Ponpes.

Adapun satuan Pendidikannya, terdiri PAUD Al Qomar, RA PIP, MIN Habirau Tengah, MTSN Habirau dan MA PIP Habirau Tengah.‎

Ponpes Pendidikan Islam Parigi (PIP) didirikan tahun 1994 oleh almarhum Tuan Guru KH Syamsuni A. Setelah meihat besarnya minat masyarakat di HSS untuk memperdalam ilmu agama islam.

Alumni Ponpes Darussalam Martapura itupun merintis Ponpes PIP dengan menggunakan rumah pengajiannya untuk kegiatan Ponpes, hingga masyarakat menyambut berdirinya ponpes itu dengan antusias.

PIP yang semula menggunakan rumahj itupun berpindah ke masjid untuk penyelenggaraan pendidikan, karena rumah tak mampu lagi menampung murid.

Baca: KalselPedia : Ini Nama-nama Makam Keramat di Kalsel, dari Habib, Guru Hingga Datu

Baca: Kalselpedia : Kerap Gelar Kegiatan Sosial, Begini Aktifitas Komunitas Dakwah Share

Baca: KalselPedia - Salah Satu Kolam Renang di Kota Banjarbaru, Ada di Lambung Mangkurat Regency

Kompleks Ponpes Pendidikan Islam Parigi di Desa Habirau Tengah, Kecamatan Daha Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalsel.
Kompleks Ponpes Pendidikan Islam Parigi di Desa Habirau Tengah, Kecamatan Daha Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalsel. (Kalsel.kemenag.go.id)

Penggunaan masjid ini sesuai tradisi yang diwariskan ulama terdahulu. Banyak santri menuntut ilmu agama di sana mendorong membuat masjid tak mampu menampung santri, hingga muncul gagasan membangun madrasah yang terealisasi tahun 1965.

Tempat belajarnya pun menempati beberapa rumah penduduk. Madrasah Diniyah inilah yang menjadi cik bakal PIP dengan lama belajar enam tahun.

Madrasah Ibtidaiyah dn majelis Taklim ini berjalan terus dari tahun ke tahun, dan santrinya terus bertambah banyak.
Pengasuh dan pengelola sejak awal dipimpin almarhum Guru Syamsuni dibantu ustadz/ustadzah lainnya, berhasil membuka Madrasah Ibtidaiyah PIP pada 1966 , MTS tahun 1968 hingga berstatus sekolah negeri.

Kini PIP menjadi tempat berkumpulkan ribuan santri sekaligus menjadi tempat majelis taklim dengan jemaah mencapai 5000 orang.

Halaman
12
Penulis: Hanani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved