Pemilu 2019

KPU akan Bertemu Tim Hukum untuk Persiapan Hadapi Sidang Sengketa Pemilu di MK, Besok

Pertemuan itu dalam rangka persiapan sidang sengketa hasil pemilu yang diajukan oleh ratusan peserta pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK).

KPU akan Bertemu Tim Hukum untuk Persiapan Hadapi Sidang Sengketa Pemilu di MK, Besok
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua KPU Arief Budiman (kedua kanan) bersama Ketua Bawaslu Abhan (kedua kiri) dan Saksi dari Paslon nomor urut 01 dan 02 berjabat tangan usai pengumuman hasil rekapitulasi nasional pemilihan presiden di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (21/5/2019) dini hari. Proses rekapitulasi nasional KPU untuk Pilpres dinyatakan selesai dengan pasangan nomor urut 01 meraih total 85.036.828 suara atau 55,50 persen dan pasangan nomor urut 02 meraih total 68.442.493 suara atau 44,50 persen dari jumlah suara sah sebesar 154.257.601 auara. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Jelang dimulainya sidang gugatan ratusan peserta Pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK), Komisi Pemilihan Umum (KPU) berencana untuk menggelar pertemuan dengan sejumlah pengacara yang tergabung dalam tim hukum KPU, Senin (10/6/2019) besok.

Dilansir dari Kompas.com, pertemuan itu dalam rangka persiapan sidang sengketa hasil pemilu yang diajukan oleh ratusan peserta pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Senin besok kami akan koordinasi. Tapi kalau dari tim kuasa hukum sih ya sudah koordinasi dari kemarin-kemarin, koordinasi terus dalam rangka persiapan," kata Ketua Tim Hukum KPU Ali Nurdin, hari Minggu ini.

Ali menyebutkan, pihaknya terus menyiapkan dokumen dan data yang diperlukan untuk menghadapi gugatan di persidangan. Dokumen yang disiapkan juga dihimpun dari KPU provinsi yang terdapat sengketa.

Baca: BPN Laporkan Kembali Input Data Situng KPU, Bawaslu Tolak Tindak Lanjuti dengan Alasan Ini

Seandainya ada perbaikan dokumen permohonan gugatan dari peserta pemilu, Ali menyatakan, pihaknya harus lebih dulu mengecek dan mempelajari poin-poin yang diperbaiki.

"Kami baca dulu perbaikannya apakah sesuai dengan regulasi atau tidak perbaikannya, kemudian apa isinya," ujar dia.

Berdasarkan informasi dari situs mkri.id, permohonan gugatan untuk pemilihan DPR dan DPRD yang diterima MK ada sebanyak 323. Sedangkan gugatan untuk pemilihan anggota DPD ada 10 gugatan, dan pemilihan presiden dan wakil presiden 1 gugatan.

Dengan demikian, jumlahnya ada 334 permohonan gugatan.

(Penulis : Fitria Chusna Farisa/Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "KPU Bertemu Tim Hukum untuk Persiapan Hadapi Sengketa Pemilu, Besok",

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved