Berita Kabupaten Banjar

Pengguna Jalan A Yani Lewat Astambul Sebaiknya Hindari Pukul 11.00 hingga 12.00 Wita Senin (10/6)

Puncak pelaksanaan Haul ke-213 Syekh Muhammad Arsyad Al Banjary atau dikenal Datu Kelampayan pada Senin (10/6) pukul 09.00 wita hingga pukul 12.00

Pengguna Jalan A Yani Lewat Astambul Sebaiknya Hindari Pukul 11.00 hingga 12.00 Wita Senin (10/6)
Banjarmasinpost.co.id/Hasby
Kanit Dikyaksa Satlantas Polres Banjar, Ipda H Tata K memaparkan pengaturan lalulintas saat rapat persiapan Haul Syekh Muhammad Arsyad Albanjary atau Datu Kelampayan beberapa waktu lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Puncak pelaksanaan Haul ke-213 Syekh Muhammad Arsyad Al Banjary atau dikenal Datu Kelampayan pada Senin (10/6) pukul 09.00 wita hingga pukul 12.00 wita di Masjid Tuhfaturroghibin Desa Dalampagar Martapura Timur Kabupaten Banjar. Unit Satlatantas Polres Banjar bersama instansi terkait sudah melakukan persiapan pengaturan arus lalulintas.

Kasat Lantas Polres Banjar, AKP Indra Agung Perdana Putra melalui Kanit Dikyaksa Satlantas Polres Banjar, Ipda H Tata K mengatakan, pada saat puncak Haul Datu Kelampayan tidak akan mengganggu arus jalan utama A Yani terutama di kawasan Astambul. Mengingat pelaksanaan Haul di Desa Dalampagar.

Pada saat pagi hari kedatangan jamaah diprediksinya tidak ada kemacetan, karena untuk kedatangan jamaah secara bergantian. Hanya saja saat kepulangan jamaah saat Haul selesai, yakni sekitar pukul 12.00 wita, untuk kepulangan jamaah pada titik-titik tertentu kemungkinan ada terjadi kemacetan.

"Tidak sampai mengganggu jalan A Yani utamanya di Astambul, hanya saja pada saat kepulangan jamaah yakni antara pukul 11.00 wita sampai pukul 12.00 wita, pengguna Jalan A Yani yang melewati Astambul baik dari luar kota sepertu hulu sungai maupun yang mau ke hulu sungai sebaiknya bisa mengatur jadwalnya," katanya.

Baca: Pengendara yang Suka Lempar Uang di Jembatan atau ke Laut, Bakal Ditilang, Ini Penjelasannya

Baca: Sosok Pria Incaran Mulan Jameela Saat Duet dengan Maia Estianty Terungkap, Bukan Ahmad Dhani!

Baca: Sindiran Menohok Rizal Armada ke Ifan Seventeen Soal Video Penggerebekan dengan Citra Monica, Dylan?

Pihaknya menghimbau, agar berangkat lebih awal atau memilh setelah gelaran Haul ke 213 Datu Kelampayan selesai, demi kelancaran arus lalulintas. Anggota Satlantas Polres Banjar bersama relawan dan instansi terkait sudah siap mengarahkan kantong-kantong parkir bagi jamaah Haul Datu Kelampayan.

Adapun untuk parkir kendaraan roda dua ada di SDN Dalampagar, halaman SDN Dalampagar Ulu, selanjutnya ada beberapa titik lapangan dan tanah kosong yang bisa digunakan untuk lokasi parkir. Pihaknya juga sudah menyiapkan arus lalulintas baik bagi kendaraan roda dua maupun mobil.

Dijelaskannya, jamaah dari Banjarmasin yang menggunakan roda dua atau roda empat setelah melewati Pondok Pesantren Darussalam melewati Jalan Gedung. Pada perempatan, bisa ambil ke kanan melewati jembatan Martapura, Jalan KH Anang Sya'rani Arief, bagi sepeda motor diarahkan belok kiri, kemudian diperempatan jembatan KH Salim Ma'ruf diarahkan belok ke kanan atau bisa juga mengambil jalan naik jembatan tersebut selanjutnya belok kanan untuk menuju Masjid Tuhfaturragibin.

Jamaah menggunakan kendaraan baik sepeda motor atau mobil bisa juga setelah melewati Jalan Gadang, menuju Jalan Kertakbaru,sepeda motor diarahkan melewati Jalan Brunei selanjutnya menuju Jembatan KH Salim Ma'ruf atau KH Anang Sya'rani Arief.

"Untuk mobil VIP, kami siapakan lokasi parkir diantaranya di halaman Rumah Adat Banjar di Dalampagar dan di jalan antara SDN Dalampagar hingga Masjid Tuhfaturragibin. Begitu pula jamaah yang datang dari Sungaitabuk, sudah kami persiapkan arus lalulintas dan lokasi parkirnya," jelasnya.

Pihaknya pun meminta kerjasama jamaah Haul Datu Kelampayan, agar pelaksanaannya berjalan lancar. Jamaah datang dan pulang ke rumah masing-masing bisa dengan lancar dan selamat sampai tujuan.

Rangkaian Acara Haul Ke-213 Syekh Muhammad Arsyad Albanjary atau Datu Kelampayan mulai Jumat (7/6) malam setelah salat Isya di Masjid Jami Tuhfaturraghibin, Dalampagar Ulu Martapura Timur Kalsel. Jamaah yang hadir diprediksi ribuan, Haul dipimpin oleh H Mazani.

Pada Hari Sabtu (8/6) malam setelah Salat Isya di Kubah Datu Kalampayan, Desa Kalampayan, Kecamatan Astambul. Minggu (9/6) malam setelah Salat Isya di Kubah Datu Kalampayan, Desa Kalampayan, Kecamatan Astambul. diisi rombongan Sekumpul membacakan maulid Azab dan tahlil

Pada Minggu (9/6) setelah salat Isya di kubah Datu Kelampayan Astambul, diisi rombongan tahfidz Guru Wildan, pembacaan Alquran, qasidah tarbang Albanjary dan zikir nasyid. Puncaknya pada Senin (10/6) pukul 09.00 wita di Masjid Tuhfaturrogibin Dalampagar Martapura Timur Kabupaten Banjar.

(Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis: Hasby
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved