Berita Kabupaten Banjar

Sampah Belum Terangkut, Warga Dalampagar Kabupatn Banjar Waswas Jelang Haul Datu Kelampayan

Warga Desa Dalampagar Martapura Timur Kabupaten Banjar sempat waswas, pasalnya, sampah di sekitar lokasi pelaksanaan Haul belum terangkut.

Sampah Belum Terangkut, Warga Dalampagar Kabupatn Banjar Waswas Jelang Haul Datu Kelampayan
banjarmasinpost.co.id/hasby suhaili
Sampah bertebaran pada sejumlah tempat di Desa Dalam Pagar kabupaten Banjar jelang Haul Datu Kelampayan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA -- Warga Desa Dalampagar Martapura Timur Kabupaten Banjar sempat waswas, pasalnya, sampah di sekitar lokasi pelaksanaan Haul Syekh Muhammad Arsyad Albanjary atau dikenal Datu Kelampayan tak terangkut. Kondisi itu terjadi pada Sabtu (8/6/2019) siang.

Mengingat rangkaian rangkaian Acara Haul Ke-213 Syekh Muhammad Arsyad Albanjary atau Datu Kelampayan mulai Jumat (7/6) malam setelah salat Isya di Masjid Jami Tuhfaturraghibin, Dalampagar Ulu Martapura Timur Kalsel. Jamaah yang hadir diprediksi ribuan, Haul pada mlam itu dipimpin oleh H Mazani.

Dilanjutkan pada Hari Sabtu (8/6) malam setelah Salat Isya di Kubah Datu Kalampayan, Desa Kalampayan, Kecamatan Astambul.

Minggu (9/6) malam setelah Salat Isya di Kubah Datu Kalampayan, Desa Kalampayan, Kecamatan Astambul. diisi rombongan Sekumpul membacakan maulid Azab dan tahlil.

Baca: Paman Birin Turun Tangan Bantu Mengatur Lalu LIntas di Jalan Terendam Banjir

Pada Minggu (9/6) setelah salat Isya di kubah Datu Kelampayan Astambul, diisi rombongan tahfidz Guru Wildan, pembacaan Alquran, qasidah tarbang Albanjary dan zikir nasyid. Puncaknya pada Senin (10/6) pukul 09.00 wita di Masjid Tuhfaturrogibin Dalampagar Martapura Timur Kabupaten Banjar.

"Sampah di sekitar lokasi jarang terangkut truk sampah. Bahkan kadang empat hari baru diangkut, itupun sopirnya beralasan sudah penuh dan kami tidak berani melaporkannya langsung kepada bidang kebersihan dinas lingkungan hidup," keluh seorang warga biasa disapa Utuh.

Dia juga mengeluhkan, jika truk sampah sebelum memungut sampah yang ada di Desa Dalampagar Martapura ini, bak truk sudah dipenuhi oleh bulu ayam, kemungkingan sehabis memungut dari Desa Tunggulirang. Sehingga sampah di Desa Dalampagar Martapura tidak terangkut semua.

Pernah ada warga lainnya menanyakan perihal tersebut kepada sopir truk sampah tersebut, justru diajak berkelahi. Bahkan dirinya menilai, perilaku sopir sepertinya dalam pengaruh minuman beralkohol dikarenakan pembawaannya seperti orang mabuk.

Baca: Jelang Haul Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari, Ini Tempat Tidur Peninggalan Datu Kelampayan

"Supan (malu,red) kami, banyak tamu datangan di acara Haul Datu Kelampayan, tetapi sampahmya banyak sekali," keluhnya lagi.

Fakta ini bertolak belakang atas Kabupaten Banjar kembali berhasil meraih penghargaan Adipura Tahun 2018. Penghargaan dibidang pengelolaan lingkungan dan kebersihan ini merupakan yang ketujuh kali diterima secara berturut-turut yang diserahkan oleh Wakil Presiden HM Yusuf Kalla beserta Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar kepada Bupati Banjar, H Khalilurrahman di Auditorium Wahana Manggala Bhakti, Kementerian Lingkungan Hidup, di Jakarta Senin (14/1/2019) lalu.

Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar, Syahdiman ketika dikonfirmasi melalui telepon selulernya tidak mengangkat. Begitu juga dikonfirmasi melalui pesan Whatapps tidak membalas, namun pertanyaan dari wartawan koran ini menunjukan tanda centreng dua pertanda pesan sudah dibaca si penerima.

Baca: Ramadhan Berlalu, Begini Kondisi Sampah di Sepanjang Bulan Puasa di Kota Banjarbaru

Sedangkan Sekretaris Dinas LH Kabupaten Banjar, Noormansyah mengakui pihaknya mengalami kendala dalam mengangkut sampah dari Desa Dalampagar Martapura tersebut, dikarenakan kondisi cuaca diguyur hujan. Namun pihaknya sudah membantu bersih-bersih di lokasi sekitaran Haul Datu Kelampayan.

"Masyarakat disana yang mempunyai mobil pikap agar bisa membantu mengangkut sampahnya ke TPS terdekat. Armada kami terbatas dan kondisinya banyak yang rusak sedang dan berat, khususnya untuk kontainernya," jelasnya. (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis: Hasby
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved