Berita Banjarmasin

Bakal Ada Bus Trans Banjarmasin, Sopir Angkot Harapkan Ada Solusi Tanpa Merugikan

Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin nampaknya tak henti berupaya merealisasikan rencana peremajaan angkot di kota berjuluk seribu sungai tersebut.

Bakal Ada Bus Trans Banjarmasin, Sopir Angkot Harapkan Ada Solusi Tanpa Merugikan
Banjarmasinpost.co.id/isti Rohayanti
Beberapa angkot terlihat parkir di Jalan Hasanudin HM, Banjarmasin yang merupakan tempat istirahat sopir angkot. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin nampaknya tak henti berupaya merealisasikan rencana peremajaan angkot di kota berjuluk seribu sungai tersebut. Belakangan, Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin, Ichwan Noor Chalik juga sempat menginformasikan adanya transportasi umum baru di Banjarmasin.

Namun rupanya, dari keterangan sopir angkutan kuning kota di Banjarmasin, Khairul, belum ada sosialisasi mengenai perencanan itu. Meski tak ia pungkiri, adanya wacana peremajaan angkot sudah lama disampaikan.

“Kami masih belum tahu. Jika pun ada, maka juga perlu ada perundingan dengan para sopir,” jelasnya saat ditemui Banjarmasinpost.co.id di Jalan Hasanudin HM, tempat istirahatnya para sopir angkot, Senin (10/6/2019).

Sudah hampir 25 tahun Khairul melakoni pekerjaan sebagai sopir angkutan kota. Dalam masa itu jelasnya, beberapa tahun terakhir, angkutan pun sepi penumpang. Lantas, jika diganti dengan angkutan baru, ia juga mempertanyakan bagaiamana nasib angkutan yang lama.

Tak banyak yang diketahui oleh Khairul mengenai rencana peremajaan tersebut. Namun ujarnya, instansi terkait memang perlu mencarikan solusi, sehingga tak ada pihak yang dirugikan.

Baca: Pemkab Tapin Bentuk Tujuh Tim Pantau Kehadiran ASN Setekah Cuti Lebaran 2019, Begini Hasilnya

Baca: Bukti Verrell Bramasta Belum Move On dari Natasha Wilona, Fotonya di Tempat Ini Jadi Sorotan

Baca: Ramalan Zodiak Selasa 11 Juni 2019, Benarkah Leo Bisa Stress, Semangat Tinggi Aries, Rencana Taurus

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin, Ichwan Noor Chalik menginformasikan, tahun ini peremajaan angkot akan dilakukan. Penggantinya pun bukan lagi angkutan seperti yang sudah ada, melainkan bus mini yang dianggap lebih refresentatif untuk kota metropolitan.

Rencananya, pada Oktober atau Nopember mendatang, pihaknya sudah memulai transportasi umum baru di Kota Banjarmasin. Ada 10 bus mini jenis Elf yang sudah dianggarkan senilai Rp 3,5 miliar untuk pengadaannya.

10 unit tersebut ujar Ichwan akan mengisi dua koridor atau trayek di Banjarmasin, yakni KM 6 menuju Terminal Antasari, serta Jalan Kayutangi Banjarmasin untuk angkutan penyeberangan melewati Jembatan Alalak II, Kayutangi.

Transportasi umum kali ini disebut Ichwan sebagai Trans Banjarmasin. Karena jalurnya yang melintas di ibu kota Kalimantan Selatan tersebut.

Ada sekitar 30 unit yang bakal disiapkan oleh Dishub Kota Banjarmasin untuk bus mini tersebut. Namun itu dilakukan secara bertahap. 10 unit pada tahun 2019, 10 unit lainnya di awal tahun 2020 dan 10 unit sisanya pada akhir tahun 2020.

Halaman
12
Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved