Berita Tanahbumbu

BPBD : Enam Kecamatan Sempat Terdampak Banjir, Tiga Wilayah Masih Terendam, Mentewe Terparah

Berdasar data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) ada enam kecamatan masih terdampak, meski beberapa di antaranya mulai surut.

BPBD : Enam Kecamatan Sempat Terdampak Banjir, Tiga Wilayah Masih Terendam, Mentewe Terparah
istimewa/BPBD Tanahbumbu
Pengendara roda dua dibantu menggunakan truk saat melintas jalan terendam air di Kabupaten Tanahbumbu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID,BATULICIN - Pascahujan deras terjadi berapa hari lalu membuat sejumlah wilayah di Kabupaten Tanahbumbu terendam banjir. Berdasar data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) ada enam kecamatan masih terdampak, meski beberapa di antaranya mulai surut.

Berdasar catatan BPBD Tanahbumbu, enam kecamatan terdampak antara lain. Kecamatan Mentewe, Karang Bintang, Batulicin, Kusan Hulu, Satui, dan Sungai Loban.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Tanahbumbu Abdul Rahim mengungkapkan, update terkini (hari ini) ada tiga wilayah yang masih terendam yakni Maju Bersama, Maju Makmur Kecamatan Batulicin dan Karang Bintang Kecamatan Karang Bintang.

"Beberapa daerah lain mulau surut seperti di Mentewe. Hanya tiga wilayah ini yang masih naik airnya. Kami (BPBD) sudah bagi tugas, ada ke Maju Makmur/Maju Bersama dan ada ke Karang Bintang," terang Abdul Rahim kepada banjarmasinpost.co.id, Senin (10/9/2019).

Baca: Korban Banjir Mentewe Tanahbumbu Dievakuasi Saat Malam Hari, Ratusan Rumah Masih Terendam

Baca: Munawah dan Keluarga Lebaran di Posko Pengungsi Banjir, Dinsos Dirikan Dapur Umum di Mentewe

Menurut Abdul Rahim, dari tiga wilayah setidaknya sekitar 600 kepala keluarga (KK) terdampak banjir dan akan segera dievakuasi oleh petugas gabungan yang bertugas di lapangan.

"Warga harus dievakuasi karena rumah mereka sudah terendam. Dan, data riil yang terdampak nanti setelah dari lapangan," jelas Abdul Rahim.

Kapolsek Karang Bintang Iptu Jeny Rahman SE mengatakan, kondisi air di wilayah Kecamatan Karang Bintang stagnan. Surut tidak meningkat juga tidak.

"Informasi dari Mentewe, air di Mentewe sudah surut. Kondisi air di Karang Bintang masih datar (turun tidak naik tidak," kata Jeny.

Sementara wilayah terdampak desa Selasa lalu terdiri atas beberapa RT sudah dievakuasi ke kantor desa. Selain desa Karang Bintang, mereka terdampak di RT 01.

"Semua warga sudah dievakuasi ke rumah, kantor bhabinkamtibmas Desa Karang Bintang dan ada juga yang ke gedung serbaguna desa Karang Bintang," katanya.

Baca: Mau Selamatkan Kakek, Nenek, dan Adik yang Kelaparan, Marwah Nekat Terobos Banjir di Samarinda

Baca: Kota Samarinda Lumpuh Akibat Banjir, Polisi Standby, Penumpang Naik Truk TNI ke Bandara APT Pranoto

Untuk membantu proses evakuasi para korban terdampak banjir, Jeny mengerahkan 15 orang personel.

Banjir selain merendam rumah warga, namun jalan utama yang terendam. Sehingga pengendara roda dua harus dibantu diseberangkan menggunakan truk.

(BANJARMASINPOST.co.id/helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved