Mereka Bicara

Kepala Disdikbud Kalsel, Mohon Lomba Madihin Antarpelajar se-Kalsel  Sesering Mungkin Digelar

Saya menyarankan kepada Disdikbud mungkin bekerjasama dengan Dinas Pariwisata agar sesering mungkin mengadakan lomba Madihin antarpelajar se-Kalsel

Kepala Disdikbud Kalsel, Mohon Lomba Madihin Antarpelajar se-Kalsel  Sesering Mungkin Digelar
banjarmasinpost.co.id/nia kurniawan
Lomba Madihin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kepada Disdikbud Provinsi Kalsel. Untuk memajukan budaya kesenian daerah khususnya madihin dan juga supaya generasi-generasi sekarang terutama pelajar cinta dengan Kesenian Madihin.

Saya menyarankan kepada Disdikbud mungkin bekerjasama dengan Dinas Pariwisata agar sesering mungkin mengadakan lomba Madihin antarpelajar se-Kalsel, supaya kesenian Madihin tidak terkikis oleh zaman. Terima kasih atas perhatiannya.
081253427104

TANGGAPAN:
KESENIAN Madihin merupakan salah satu kesenian Kalimantan Selatan yang termasuk dalam kesenian dengan perkembangannya cukup baik. Kesenian yang berasal dari Desa Tawia, Kabupaten Hulu Sungai Selatan ini sudah menyebar sampai ke seluruh penjuru Kalimantan Selatan, bahkan tersebar juga ke daerah Kaltim, Riau dan Jambi.

Madihin secara resmi sudah diakui sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia asal Kalimantan Selatan. Artinya walaupun perkembangan Madihin yang sudah menyebar kemana-mana, Madihin tetap menjadi bagian kesenian kebanggaan Kalsel.

Upaya Disdikbud Provinsi Kalsel untuk mengembangkan seni budaya di daerah ini, termasuk Madihin sudah banyak dilakukan, diantaranya dengan mengadakan berbagai lomba. Madihin juga sudah kami masukan ke dalam bahan ajar, lewat program kegiatan GSM (Gerakan Seniman Masuk Sekolah).

Tentu apa yang sudah kami lakukan masih banyak kekurangan. Saran saudara untuk lebih sering lagi mengadakan Lomba Madihin, tentu akan kami perhatikan. Terima kasih banyak atas masukannya. Mari kita bersama-sama melestarikan dan mengembangkan seni budaya kita. Salam budaya, terima kasih.

Drs H M Yusuf Effendi MAP, kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel
Drs H M Yusuf Effendi MAP, kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel (banjarmasin post group)

Kepala Dinas Dikbud Kalsel

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved