Berita Banjarmasin

Pendaftaran SBMPTN Dibuka, Ibnu Takut Daftar SBMPTN Online Lewat Ponsel, Pilih via Komputer

Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 dimulai Senin (10/6) dan berakhir Senin (24/6/2019).

Pendaftaran SBMPTN Dibuka, Ibnu Takut Daftar SBMPTN Online Lewat Ponsel, Pilih via Komputer
BANJARMASINPOST.co.id/isti rohayanti
(Ilustrasi) Simulasi tes SBMPTN di Fak Kedokteran ULM 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 dimulai Senin (10/6) dan berakhir Senin (24/6/2019). Pendaftaran berlangsung secara online, http://pendaftaran-sbmptn.ltmpt.ac.id.

Ibnu, lulusan SMAN 1 Pelaihari Kabupaten Tanahlaut, mengaku persiapan mantap. “Saya mempelajari soal-soal SBMPTN dan mengulang pelajaran UN. Ini saran dari kakak kelas. Berkat persiapan matang itu lah saya lancar mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Mei 2019,” ujarnya, Minggu (9/6/2019).

Perlu diketahui, salah satu syarat pendaftaran adalah peserta memiliki Nilai UTBK. “Saya dapat nilai (UTBK) lumayan,” ucap warga Jalan Sumsum Saranghalang ini.

Ibnu akan mendaftar ke Universitas Diponegoro (Undip) dan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) jurusan komunikasi. “ Pilihan PTN (perguruan tinggi negeri) boleh dua,” ujarnya.

Meski bisa melalui telepon seluler (ponsel), Ibnu akan daftar melalui komputer yang tersambung dengan internet. “Soalnya pernah coba pakai handphone, ternyata ada beberapa menu yang tidak ada. Tapi kalau pakai komputer semua menunya lengkap. Bahkan hari pertama pendaftaran ini bahaya, biasanya error terus,” kata dia.

Baca: LINK sbmptn.ltmpt.ac.id! Pendaftaran SBMPTN 2019 di Sini, Cek 8 Informasi Penting Sebelum Daftar

Rilis Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Minggu (9/6), mengingatkan calon pendaftar agar memperhatikan semua ketentuan persyaratan dan tahapan pendaftaran.

Sebagaimana diatur Keputusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, kuota setiap Program Studi paling sedikit 40 persen dari daya tampung. Sebagai pertimbangan, program studi, daya tampung dan jumlah peminat pada 2018 dapat dilihat di laman https://sbmptn.ltmpt.ac.id

Bagi peserta pelamar program Bidikmisi terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran yang ada di laman resmi Bidikmisi.

Calon peserta penerima beasiswa Bidikmisi yang telah dinyatakan lulus SNMPTN 2019 dan calon peserta non-Bidikmisi yang dinyatakan lulus SNMPTN 2019, tidak diperbolehkan mendaftar SBMPTN 2019.

Peserta tidak perlu berjubel mendaftar di awal sebab (waktu pendaftaran) disiapkan panitia cukup lama yaitu 10-24 Juni.

Baca: Siap-siap, Mulai Besok Pendaftaran SBMPTN Dimulai, Ini Tata Cara dan Prosedur Pendaftaran

Ketua Panitia Lokal LTMPT Kalsel, Aminuddin Prahatama Putra, ketika dikonfirmasi BPost membenarkan tes untuk SBMPTN sudah dilalui peserta, jadi peserta masing-masing sudah dapat nilainya. Pada 10-24 Juni nanti peserta tinggal mendaftar sesuai PTN dan prodi pilihan.

“LTMPT tinggal melakukan pemeringkatan saja sesuai daya tampung masing-masing. Diperkirakan pada 25 Juni nanti baru terdata dan baru bisa kami ketahui pilihan terbanyak,” katanya.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Lambung Mangkurat (ULM) ini juga mengatakan SBMPTN 2019 merupakan seleksi yang dilakukan oleh PTN di lingkungan Kemristekdikti dan Kementerian Agama secara bersama di bawah koordinasi LTMPT dengan seleksi berdasarkan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN.

“Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan. Peserta SBMPTN 2019 dapat memilih program studi di PTN mana pun. Program studi, daya tampung per PTN tahun 2019, dan jumlah peminat program studi per PTN tahun 2018 dapat dilihat di laman https://sbmptn.ltmpt.ac.id, “ katanya. (kur)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved