Berita Banjarmasin

Dua Hari Terakhir, Disdukcapil Kota Banjarmasin Tak Bisa Cetak E KTP dan Pembuatan Suket

Disdukcapil Kota Banjarmasin juga mengalami kendala untuk percetakan KTP elektronik, atau E KTP. karenan server yang sedang mengalami kerusakan.

Dua Hari Terakhir, Disdukcapil Kota Banjarmasin Tak Bisa Cetak E KTP dan Pembuatan Suket
banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina berinteraksi dengan warga saat kunjungi Kantor Disdukcapil Kota Banjarmasin, Selasa (11/6/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN -  Ruang tunggu Kantor Pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjarmasin nampak dipenuhi orang.

Pada kantor di Jalan Sultan Adam, Banjarmasin tersebut, para warga terlihat mengurus dokumen kependudukan mereka, Selasa (11/6/2019).

Jumlah warga yang datang ke tempat tersebut kali ini dianggap meningkat. Hal itu diungkapkan langsung oleh Kepala Disdukcapil Kota Banjarmasin, Khairul Saleh. Ia juga mendampingi Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina yang hari itu berkunjung melihat pelayanan.

Khairul menerangkan, hari kedua pelayanan dibuka pascalibur panjang, warga yang mengurus dokumen kependudukan memang bertambah banyak. Selain itu, segala urusan warga pun dilancarkan.

Namun sebutnya, Disdukcapil Kota Banjarmasin juga mengalami kendala untuk percetakan KTP elektronik, atau E KTP. Hal itu dikarenakan server yang sedang mengalami kerusakan.

Baca: Daftar Perguruan Tinggi Negeri yang Sepi Peminat di SBMPTN 2019, Cek Jurusannya di Link Ini

“Layanan untuk kartu keluarga dan akta kelahiran, alhamdulillah lancar. Cuma kalau E KTP, server kami kebetulan rusak. Sedang dalam perbaikan,” ucapnya.

Kepada Wali Kota Banjarmasin, Khairul juga menjelaskan mengenai pelayanan di kantor tersebut.

Sementara waktu ucap Khairul, karena server yang masih dalam tahap perbaikan selama dua hari ini, maka perekaman dan percetakan E KTP serta pembuatan surat keterangan tidak bisa dilakukan.

Sebagai bentuk antisipasi, pihaknya juga sudah menginformasikan kerusakan baik ke UPT yang kemudian diteruskan ke RT setempat. Tentunya, lonjakan warga yang meminta pelayanan di Disdukcapil ujar Khairul termasuk pula dengan mereka yang hendak mengurus E KTP.

Baca: Layanan Ekstra Luna Maya untuk Faisal Nasimuddin, Sampai-sampai Bikin Temannya Cemburu

Ia akui, untuk permohonan E KTP memang terjadi penumpukan. Namun pihaknya meminta agar seluruh UPT Disdukcapil dapat menangani hal tersebut.

Saat ini ujarnya ada sekitar 500 blangko yang tersedia. Jumlah itu cukup untuk satu minggu pelayanan. Bahkan kali ini ujar Khairul, semua blangko diperuntukan kepada khalayak umum. Tak ada khusus bagi yang belum pernah punya E KTP, ganti status dan sebagainya.

(banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti) 

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved