Ekonomi dan Bisnis

Isu Medsos Diblokir AS, Penjualan Handphone Huawei di Toko Ponsel Banjarmasin Cenderung Menurun

Perang dagang menimbulkan isu pemblokiran media sosial milik yang dimiliki Amerika Serikat di antaranya Whatsapp, Instagram, dan facebook.

Isu Medsos Diblokir AS, Penjualan Handphone Huawei di Toko Ponsel Banjarmasin Cenderung Menurun
banjarmasinpost.co.id/mariana
Frontliner Hapeworld Banjarmasin menampilkan salah satu handphone Huawei yang tersedia di Hapeworld. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sejak enam bulan lalu, distributor handphone Huawei tidak melakukan pengiriman ke toko ponsel Hapeworld Banjarmasin, yang beralamat di Jalan A Yani Km 2 Banjarmasin.

Hal tersebut diungkapkan Marketing Hapeworld, Zaka kepada Banjarmasinpost.co.id, Selasa (11/6/2019). Akibat hal tersebut berimbas pada penjualan handphone buatan China semakin menurun.

"Karena ada perubahan sistem dari pihak Huaweinya sehingga mempengaruhi distribusi barang. Saat ini sudah tidak banyak lagi merek Huawei di Hapeworld. Saya kurang tahu persis macetnya distribusi ini disebabkan perang dagang Amerika Serikat dengan China yang terjadi saat ini," jelas Zaka.

Perang dagang tersebut di antaranya menimbulkan isu pemblokiran media sosial milik yang dimiliki Amerika Serikat di antaranya Whatsapp, Instagram, dan Facebook.

Baca: Polytron Raih Penghargaan The Best Digital Customer Service 2019 dari SWA

Diakuinya beberapa waktu lalu, ketiga media sosial itu sempat tidak berfungsi secara baik. Namun ternyata hanga gangguan sementara, sebab beberapa saat kemudian kembali berfungsi sebagaimana mestinya.

"Menjelang Lebaran kemarin, Huawei salah satu merek yang termasuk dalam program Diskon hingga 70 persen. Saat itu, memang konsumen agak khawatir untuk membeli. Namun kami jelaskan kalau tipe lama tidak ada masalah, media sosial tetap bisa jalan," ucapnya.

Penjualan Huawei pun saat promo tersebut cukup bagus, lantaran konsumen tidak terpengaruh dengan isu pemblokiran media sosial oleh Google.

Setelah dilakukan pengecekan pun, di handphone Huawei tipe yang lama tidak terjadi pemblokiran. Kemungkinan pemblokiran sendiri dilakukan pada ponsel terbaru Huawei yang sudah 5G.

Untuk harga handphone Huawei bervariasi, dan saat ini tersedia tipe P30 yang sudah rilis beberapa bulan lalu seharga Rp 12.900.000. Ada pula Huawei Nova 2i seharga Rp 4 jutaan, Huawei Y6 Rp 3 jutaan, dan Huawei Y7 Prime seharga Rp 3.700.000.

Baca: Huawei Masuk Daftar Hitam, China Bakal Larang Ekspor Produk Teknologi ke AS

Berbeda dengan toko ponsel lainnya, Arthomoro Celluler dan 168 Celluler. Di toko ini merek handphone Huawei sudah tidak tersedia.

"Di tempat kami sudah tidak menjual handphone merek Huawei, kira-kira sudah sekitar setahun lalu. Salah satunya karena isu perang dagang Amerika Serikat dengan China," tukasnya. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved