Berita Balangan

Jaga Kerahasiaan, Soal Seleksi Tambahan Pilkades 106 Desa Diamankan di Polres Balangan

Saat ini tahapan pelaksanaan pilkades serentak ini sudah mulai berjalan, termasuk penetapan adanya seleksi tambahan untuk bakal calon kades.

Jaga Kerahasiaan, Soal Seleksi Tambahan Pilkades 106 Desa Diamankan di Polres Balangan
HO/Polres Balangan
Penyerahan berkas soal tes seleksi tambahan pilkades Balangan dari DPMD ke sarintelkam polres Balangan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Tahun ini, tepatnya 7 Agustus nanti, proses pemilihan kepala desa (pilkades) serentak akan digelar di 106 dari 154 desa yang ada di Kabupaten Balangan.

Saat ini tahapan pelaksanaan pilkades serentak ini sudah mulai berjalan, termasuk penetapan adanya seleksi tambahan untuk bakal calon kades.

Seleksi tambahan diadakan karena dari 106 desa yang akan menggelar pilkades serentak, 12 desa di antaranya memiliki bakal calon kades lebih dari 5 orang.

Dalam pelaksanaan seleksi tambahan ini secara khusus dibentuk lagi tim panitia seleksi tambahan dengan melibatkan dari Kejari Balangan, Kodim 1001 Balangan, Polres Balangan dan
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Balangan.

Panitia seleksi tambahan pilkades ini disahkan melalui peraturan Bupati Balangan dengan menetapkan Kasidatun Kejari Balangan, Januar Hapriansyah, sebagai ketua tim.

Baca: Bukti Syahrini Pamer Kemewahan Saat Bulan Madu Bersama Reino Barack di New Zealand

Kepala DPMD Kabupaten Balangan, Urai Nur Iskandar, Selasa (11/6/2019), membenarkan asa 106 desa yang akan menggelar pilkades di tahun 2019 ini.

Terkait seleksi tambahan, Urai menjelaskan, ini dilakukan sesuai dengan aturan yang tertuang dalam Permendagri.

Dimana disebutkan untuk calon kades di setiap desa maksimal hanya boleh sebanyak lima orang calon untuk satu desa.

"Itu ada aturan nya di permendagri. Calon kades maksimal lima orang. Kalau ada yang lebih la orang mendaftar harus dilakukan seleksi tambahan," katanya.

Terpisah, Ketua Tim Panitia Seleksi Tambahan Pilkades Balangan, Januar Hapriansyah, pembentukan panitia seleksi tambahan ini melibatkan pihak luar pemerintahan agar proses seleksi bisa berjalan obyektif dan netral.

Halaman
12
Penulis: Dony Usman
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved