Berita Banjarmasin

Baru Terbentuk, ICDN Kalsel Programkan Peningkatan Pendidikan Suku Dayak di Pedalaman

Ketua Umum ICDN, Dr Ir Willy M Yoseph menerangkan, keberadaan ICDN yakni untuk bersama-sama dengan suku bangsa lain memajukan Indonesia.

Baru Terbentuk, ICDN Kalsel Programkan Peningkatan Pendidikan Suku Dayak di Pedalaman
banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Ketua Umum ICDN, Dr Ir Willy M Yoseph memimpin rapat pembentukan pengurus ICDN Provinsi Kalsel, Rabu (12/6/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN- Baru terbentuk dan di sahkan pada Rabu (12/6/2019), Ikatan Cendekiawan Dayak Nasional (ICDN) Provinsi Kalimantan Selatan sudah merencanakan peningkatan pendidikan pada suku bangsa Dayak di pedalaman. Satu di antaranya yang menjadi sasaran ICDN adalah suku bangsa Dayak pada pedalaman Meratus, Kalsel.

Ketua Umum ICDN, Dr Ir Willy M Yoseph menerangkan, keberadaan ICDN yakni untuk bersama-sama dengan suku bangsa lain memajukan Indonesia.

“Kami ingin memprogramkan atau membantu masyarakat bersama-sama dengan stakeholder terutama pemerintah untuk membangun dan juga memperhatikan pendidikan. Khususnya di daerah terpencil,” ucap Willy saat rapat pembentukan pengurus ICDN Provinsi Kalsel, di Kantor Sinode Gereja Kalimantan Evangelis (GKE), Jalan Sudirman, Banjarmasin, Rabu (12/6/2019).

Sebutnya, banyak sekali anak suku bangsa Dayak yang berada di pedalaman dan kekurangan dalam mendapatkan ilmu pengetahuan. Selain itu terkendala pula pada insfrastruktur yang dianggap minim. Baik gedung maupun sarana dan prasarana. Termasuk kurangnya tenaga pengajar di wilayah tersebut.

Baca: Tim Basarnas Kunjungi Pasar Terapung Lokbaintan, Lakukan Sosialisasi SAR di Air kepada Pedagang

Willy berharap, melalui ICDN yang isinya merupakan para akademisi, bisa membantu pemerataan pada dunia pendidikan untuk suku bangsa Dayak di pedalaman. Kemudian berlanjut ke tingkat kecamatan, kabupaten dan provinsi, serta tak luput pula merangkul perguruan tinggi serta sekolah kejuruan.

“Inilah nanti yang menjadi harapan kami untuk mempercepat pemerataan pembangunan dan kesempatan bagi anak-anak Dayak yang tertinggal. Itu dilakukan agar  mereka bisa mengenyam pendidikan yang ada di Kalimantan,” ungkap Willy.

Pihaknya juga masih memerpsiapkan program nyata untuk peningkatan pendidikan tersebut. hal utama yang dilakukan ujar Willy yakni bekerjasama dengan pemerintah dan institusi swasta.

Pihaknya juga meminta agar apa yang menjadi keinginan pemeritnah, yakni adanya anggaran dana 20 persen untuk dunia pendidikan bisa benar-benar terealisasi di daerah. Khususnya pada wilayah yang membutuhkan.

Pada rapat pembentukan tersebut, Ketua Pengurus ICDN Provinsi Kalimantan Selatan, Dr Kinurung Maleh akhirnya dinobatkan. Ia juga mendapatkan surat mandate dari pengurus pusat yang diserahkan langsung oleh Ketua Umum ICDN, Dr Ir Willy M Yoseph.

Baca: Satreskrim Polres Banjarbaru Gelar Rekonstruksi Pembunuhan di Jalan A Yani Km 35,5, Diawali Miras

Tentunya, karena baru dibentuk, Kinurung pun merasa perlu banyak program yang patut dibicarakan dengan pengurus lainnya. Terutama sejumlah kegiatan prioritas yang menjadi visi dan misi dari beridirinya ICDN.

Satu di antaranya ujar Kinurung yakni pada bidang pendidikan yang menjadi prioritas utama. Sebagaimana dipaparkan oleh Ketua ICDN yang saat itu sedang bersamanya.

“Para pengurus akan duduk bersama membicarakan berbagai program-program yang prioritas. Seraya tetap membangun komunikasi dengan berbagai pihak untuk kerjasama,” jelas Kinurung.

Selain itu ujar Kinurung, ICDN Provinsi Kalsel juga akan bekerjasama untuk meningkatkan gelar akademis yang dimiliki oleh para dosen ke tingkat Master atau Doktor. Bahkan pihaknya juga akan mendukung bagaimana para dosen bisa meraih gelar professor.

Baca: Jumlah Paslon Independen Pilgub Kalsel 2020 Berpengaruh pada Anggaran KPU, Begini Penjelasannya

“Hingga nanti dari segi kuantitas akan menentukan kualitas pendidikan, khususnya dalam mengembangkan pendidikan di Kalimantan Selatan dan bagi orang suku bangsa Dayak,” tutupnya.

Sebelumnya, ICDN sudah pernah mengglar Rapar Pramusyawarah Nasional pada pertengahn 2018 lalu. Rencananya pada tahun ini pun akan digelar Musyawarah Nasional untuk ikatan tersebut.(banjarmasinpost.co.id/ isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved