SARABA KAWA

Ikuti Lomba Halaman Asri Teratur Indah, Warga Desa Kambitin Raya Manfaatkan Lahan Pekarangan

Tim Penggerak PKK Kabupaten Tabalong melakukan peninjauan langsung sebagai upaya dalam persiapan menghadapi penilaian Lomba Halaman Asri Teratur Indah

Ikuti Lomba Halaman Asri Teratur Indah, Warga Desa Kambitin Raya Manfaatkan Lahan Pekarangan
HO/Humas Pemkab Tabalong
Ketua TP PKK Kabupaten Tabalong Hj Syarifah Syifamelakukan peninjauan pemanfaatan halaman di Kambitin Raya, Tanjung. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG – Desa Kambitin Raya Kecamatan Tanjung saat ini tengah mempersiapkan untuk penilaian lomba Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman Bersama PKK atau yang lebih dikenal dengan program Hatinya PKK tingkat nasional.

Tim Penggerak PKK Kabupaten Tabalong melakukan peninjauan langsung sebagai upaya dalam persiapan menghadapi penilaian. Peninjauan dipimpin langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Tabalong Hj Syarifah Syifa dan Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani.

Beberapa tempat dikunjungi langsung melihat tanaman yang telah ditanam oleh warga dengan memanfaatkan pekarangan rumah. Pjs Ketua TP PKK Desa Kambitin Raya Siti Aminingsih mengatakan sebelum mengikuti perlombanan Hatinya PKK Desa Kambitin telah memiliki program untuk pemanfaatan pekarangan dan kebersihan lingkungan.

Ketua TP PKK Kabupaten Tabalong Hj Syarifah Syifa dan Bupati Tabalong H Anang Syakhfian meninjau pemanfaatan halaman di Kambitin Raya.
Ketua TP PKK Kabupaten Tabalong Hj Syarifah Syifa dan Tim PKK meninjau pemanfaatan halaman di Kambitin Raya. (HO/Humas Pemkab Tabalong)

Dengan mengikuti perlombaan ini diharapkan semangat itu lebih meningkat dalam menjalankan program ini. Sebagian besar rumah di Desa Kambitin Raya memang memiliki pekarangan yang cukup luas dan bisa dimanfaatkan untuk menanam tanaman baik itu sayuran maupun tanaman obat keluarga (Toga).

“Tanaman sayuran berupa warung hidup seperti terong dan Lombok bisa dipanen segera dan diharapkan membantu warga dalam memenuhi kebutuhan makanan sehari hari,” ujarnya.

Program ini digaungkan ke seluruh warga melalui ketua RT, dan diharapkan seluruh rumah memanfaatkan pekarangan dengan maksimal. Untuk membantu itu, aparat desa juga memberikan bantuan berupa bibit untuk ditanam meskipun sebagian warga membeli secara swadaya.

Tim PKK Tabalong melakukan peninjuan ke Kambitin Raya Tanjung
Tim PKK Tabalong melakukan peninjuan ke Kambitin Raya Tanjung (HO/Humas Pemkab Tabalong)

Bibit sayuran yang diberikan desa seperti sayur gambas, jagung, kacang panjang dan sawi. “Untuk cara penanaman warga tidak mengalami kesulitan karena warga Desa Kambitin Raya juga banyak yang merupakan petani sayur sehingga sudah mengetahu cara penanaman hingga perawatannya,” ujar Ningsih.

Ningsih menambahkan diharapkan seluruh warga bisa berpartisipasi secara maksimal dalam menyukseskan program ini, dan bisa terus dilanjutkan dalam waktu lama. Rencanaya penilaian akan dilakukan pada Juli 2019.

Ketua TP PKK Tabalong Hj Syarifah Syifa mengatakan sangat mengapresiasi terhadap semangat warga Desa Kambitin Raya dalam memelaksanakan program Hatinya PKK. Dan Anggota TP PKK Kabupaten juga akan terus melakukan pembinaan dan bimbingan.

Mengingat program ini juga dimaksudkan untuk memberi kemudahan bagi warga untuk bisa memanfaatkan pekarangan secara maksimal, sayuran yang ditanam sendiri bisa untuk dikonsumsi. Selain menghemat juga meningkatkan kesehatan warga. “Kami akan terus mendukung dan memberikan bimbingan, dan diharapkan bisa menjadi contoh dari desa lainnya,” ujarnya.

Tim PKK Tabalong melakukan peninjauan pemanfaatan halaman di Kambiti Raya
Tim PKK Tabalong melakukan peninjauan pemanfaatan halaman di Kambiti Raya (HO/Humas Pemkab Tabalong)

Camat Tanjung Zainudin mengatakan pihaknya masih akan menambah bantuan dalam penyediaan bibit tanaman, sedangkan untuk kebersihan juga telah mendapatkan dukungan dari Dinas Lingkungan Hidup. “Kam masih akan terus berupaya membenahi yang kurang,” ujarnya.

Terpisah Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani mengatakan untuk menjadi perwakilan Kalimantan selatan dalam lomba Hatinya PKK di Tingkat Nasional sudah merupakan prestasi yang luarbiasa, dan diharapkan kesempatan ini bisa dimanfaatkan secara maksimal.

“Aparat desa diharapkan bisa terus memberikan bimbingan kepada warga,” ujarnya. (*/Aol)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved