Berita HST

Samran Senang Berangkat Tahun Ini, Bupati HST Chairansyah Resmi Membuka Manasik Haji

Manasik haji yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan resmi dibuka oleh Bupati Hulu Sungai Tengah, A Chairansyah.

Samran Senang Berangkat Tahun Ini, Bupati HST Chairansyah Resmi Membuka Manasik Haji
Kominfo HSS
Ilustrasi - Suasana manasik haji 2017 di Pendopo Pemkab HSS, Rabu (5/7/2017) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Manasik haji resmi dilakukan pada Rabu (12/6/2019) di Pendopo Bupati Hulu Sungai Tengah.

Manasik haji yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan resmi dibuka oleh Bupati Hulu Sungai Tengah, A Chairansyah.

Jemaah haji asal Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Samran mengaku senang bisa berangkat tahun ini.

Bahkan, penantian berhaji sudah sejak 2010 tahu lalu.

"Kami senang bisa berangkat. Insya Allah kami siap menjadi tamu di rumah Allah," katanya.

Samran berangkat bersama 366 jemaah haji lainnya.

Baca: Robohkan 2 Warung dan Tewaskan 2 Warga, Kasatlantas Sebut Ryan Erwan Positif Mengonsumsi Narkoba

Kasi Haji Kantor Kementerian Agama Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Abdul Hadi, mengatakan sebanyak 367 jemaah ditambah dua orang petugas kloter calon jamaah haji kabupaten Hulu Sungai Tengah tahun 2019.

Sementara untuk pembagian manasik haji sebanyak delapan kali pertemuan dibagi menjadi zona kecamatan Barabai, Kecamatan Pandawan dan Labuan Amas Selatan, Kecamatan Haruyan, dan Labuan Amas Utara serta Kecamatan Batang Alai Selatan, Batang Alai Utara, dan limpasu.

Untuk jadwal pemberangkatan haji dari Kabuapaten Hulu Sungai Tengah masuk pada gelombang pertama sebanyak 317 orang,PHD kabupaten dua orang, PHD provinsi satu orang dan lima orang petugas haji.

Sehingga totalnya 325 orang yang tergabung dalam kloter empat. Dan berangkat pada tanggal 14 juli 2019 menuju asrama haji dan berangkat tanggal 15 juli 2019 menuju Madinah.

Sedangkan 20 orang masuk dalam kloter sembila tergabung dari Banjarmasin, Hulu Sungai Tengah dan Kotabaru berangkat pada tanggal 21 juli 2019 menuju asrama haji dan berangkat tanggal 22 Juli 2019 menuju Madinah.

"Untuk sisa kuota tambahan sebanyak 30 orang jamaah Hulu Sungai Tengah yang tergabung dalam kelompok Kalimantan Selatan masih menunggu jadwal dari provinsi," bebernya.

Baca: Museum Rakyat HSS di Kandangan, Simpan Benda Bersejarah Hingga Benda Budaya

A Chairansyah berharap agar para jamaah dapat mendengarkan dan menyimak secara serius yang disampaikan nara sumber guna menambah ilmu pengetahuan sehingga memudahkan dalam menjalankan ibadah haji nantinya.

Dia berharap agar para calon jamaah haji agar selalu menjaga kesehatan serta menjaga pola makan dari sekarang guna persiapan menghadapi haji.

"Pesan saya agar selama melaksanakan haji dapat menjaga nama baik daerah, bangsa dan negara," katanya. (Banjarmasinpost.co.id/Eka Pertiwi)

Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved