BUMI SANGGAM

Bupati H Ansharuddin Buka Manasik Calon Jemaah Haji Balangan

Manasik bagi calon jemaah haji Kabupaten Balangan, yang akan berangkat ke tanah suci tahun 2019, digelar, Kamis (13/6/2019).

Bupati H Ansharuddin Buka Manasik Calon Jemaah Haji Balangan
HO/Humas Pemkab Balangan
Bupati menyalami para calon haji saat pembukaan manasik haji kabupaten Balangan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Manasik bagi calon jemaah haji Kabupaten Balangan, yang akan berangkat ke tanah suci tahun 2019, digelar, Kamis (13/6/2019).

Sebanyak 129 calon jemaah haji mengikuti manasik yang dilaksanakan
di Mahligai Mayang Maurai Kompleks Garuda Maharam, Kabupaten Balangan.

Bimbingan manasik haji ini dibuka secara resmi Bupati Balangan H Ansharuddin dan dihadiri Kepala Kantor Kemenag Balangan HM Yamani.

Bupati H Ansharuddin dalam sambutannya mengatakan, ibadah haji adalah ibadah yang membutuhkan persiapan yang matang, selain niat dan semangat keagamaan yang ikhlas, juga harus diiringi dengan persiapan fisik dan mental, karena persiapan ini penting agar pelaksanan ibadah haji benar-benar dapat berjalan dengan baik.

Salah satu persiapan jamaah calon haji yang penting adalah pengetahui tentang pelaksanaan ibadah haji, pengetahuan tersebut penting karena dalam menjalankan ibadah haji para jamah diharapkan dapat mandiri.

"Para jemaah jangan terlalu tergantung kepada pembimbing ibadah haji yang jumlah dan waktunya sangat terbatas," katanya.

Pembukaan manasik haji kabupaten balangan.
Pembukaan manasik haji kabupaten balangan. (HO/Humas Pemkab Balangan)

Bupati juga menjelaskan, bimbingan manasik haji sengaja dilaksanakan lebih awal, tujuanya agar para calon jemaah haji dapat mempersiapakan segala sesuatunya sejak dini.

Sebab calon jemaah haji sudah mengetahui sejak dini, terutama hal-hal terkait dengan pemeliharaan kesehatan, maka perjalanan haji akan lebih efektif dan mulus.

Diakhir arahannya, bupati berpesan kepada para calon jemaah haji untuk dapat menjaga kesehatan dan lakukan olah raga ringan.

“Mulai sekarang lakukan olah raga ringan, seperti jalan jalan agar fisik kita terlatih. Soalnya disana kesehatan fisik sangat diperlukan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala kantor Kementrian Agama Balangan, HM Yamani mengatakan bahwa keberangkatan calhaj asal Balangan sebanyak 129 jemaah.

"Satu jemaah diantaranya pembimbing atau pendamping haji," kata Yamani.

Kemudian untuk pelaksanaan bimbingan manasik haji ini akan dilaksanakan kurang lebih 10 kali pertemuan dan tempatnya berbeda beda, diantaranya di halaman belakang Masjid Al Akbar Balangan. (*/Aol)

Penulis: Dony Usman
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved