BUMI ANTALUDDIN

Bupati HSS Sebut Jemah Haji Duta Rumah Allah, 310 Calhaj HSS Diberangkatkan 8 Juli 2019  

Sebanyak 311 orang calon haji Kabupaten Hulu Sungai Selatan mengikuti kegiatan bimbingan Manasik Haji, yang mulai dibuka sejak Rabu, 12 Juni 2019.

Bupati HSS Sebut Jemah Haji Duta Rumah Allah, 310 Calhaj HSS Diberangkatkan 8 Juli 2019  
HO/Protokol dan Kehumasan HSS
Bupati HSS didampingi Wabup dan unsur perwakilan Forkopinda HSS saat memberikan sambutan usai membuka Bimbingan Manasik Haji 2019 di Pendopo Kabupaten. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Sebanyak 311 orang calon haji Kabupaten Hulu Sungai Selatan mengikuti kegiatan bimbingan Manasik Haji, yang mulai dibuka sejak Rabu, 12 Juni 2019 di Pendopo Kabupaten HSS.

Pembukaan bimbingan manasik haji  1440 Hijriah tersebut dilakukan Bupati HSS H Achmad Fikry, dihadapi para calon haji yang tahun ini mendapat giliran diberangkatkan setelah terdaftar di Daftar tunggu.

Pembukaan diawali pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran oleh Qoriah, Isnaniah.  Selanjutnya, dirangkai pemberian bingkisan dari Bupati HSS kepada lima Ketua Rombongan Jemaah Calon Haji HSS yang mewakili. Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad,Kepala Bidang Haji Kementerian Agama Kalsel H Matnoor,Forkopinda HSSi, Asisten Administrasi Pembangunan dan Kemasyarakatan Hubriansyah,Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan HSaifullah.

Bupati HSS memberikan ucapan selamat kepada Calhaj HSS yang diberangkatkan JUli 2019 mendatang.
Bupati HSS memberikan ucapan selamat kepada Calhaj HSS yang diberangkatkan JUli 2019 mendatang. (HO/Protokol dan Kehumasan HSS)

Selanjutnya, Kepala SKPD terkait, Kepala Kantor Kemenag HSS HSaribuddin, beserta jajaran, Wakil Ketua I MUI HSS Guru H Jamhari Muhdin, Pimpinan Bank Penerima Setoran BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji), para Petugas Kloter dan Tim Pembimbing Haji Daerah (TPHD), Jamaah Calon Haji HSS. 

Bupati HSS Achmad Fikry berharap manasik memberikan gambaran dan kepada para calhaj, baik tata cara berhaji, hingga gambaran situasi yang dihadapi selama melaksanakan ibadah tersebut di tanah Suci, sehingga semua Calhaj mendapat pengetahuan yang cukup. Fikry pun menyebut, jemaah calon haji merupakan duta rumah Allah, dan berharap para calhaj memantapkan semangatnya dalam  melaksanakan ibadah haji nantinya. 

Atas nama Pemerintah Kabupaten HSS, Fikry pun mengucapkan selamat kepada mereka yang tahun ini mendapatkan kesempatan menunaikan rukun Islam ke lima tersebut,  setelah menunggu dalam waktu  cukup panjang. “Yang perlu disiapkan adalah kesiapan fisik dan mental. Karena kondisi wilayah di Arab Saudi tentunya berbeda dengan di daerah kita.  Jaga kesehatan, jika ada gangguan kesehatan, berobatlah dari sekarang agar nanti berangkat dalam kondisi fisik yang fit,”imbau Bupati.

Cahaj HSS saat mengikuti Bimbingan Manasik Haji di Pendopo Kabupaten
Cahaj HSS saat mengikuti Bimbingan Manasik Haji di Pendopo Kabupaten (HO/Protokol dan Kehumasan HSS)

Sementara, Kepala Kantor Kemenag HSS HSaribuddin melaporkan,  jumlah calhaj HSS 2019 sebanyak 311 orang. Terdiri dari 138  laki-laki dan 173 perempuan. Namun,  Senin, 10 Juni lalu, satu orang meninggal dunia, atas nama Riduan Syahrani dari Desa Wasah Kecamatan Simpur. Sehingga jumlahnya menjadi 310 orang. Pemberangkatan dijadwalkan 8 Juli mendatang, dimana jemaah HSS terbagi dua kelompok terbang.

“Keloter  pertama, diberangkatkan tanggal 8 Juli, sedangkan keloter dua yang bergabung dengan daerah lain belum ada pemberitahuan resmi,”kata Saribuddin. DIapun memohon doa  masyarakat HSS ahar calhaj HSS berangkat haji dengan sehat dan pulang dengan haji yang mabrur. (*/AOL)

Penulis: Hanani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved