Ekonomi dan Bisnis

Pascalebaran, Jasa Laundry dan Setrika di Kota Banjarmasin Alami Peningkatan Hingga 50 Persen

Bisnis jasa laundry di Banjarmasin kebanjiran orderan. Tidak hanya jasa cuci, jasa lainnya yakni khusus setrika juga mengalami peningkatan signifikan.

Istimewa/Instagram Kumala Laundry.
Paket pakaian yang telah selesai dicuci dan dikemas di Kumala Laundry. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pascalibur panjang Lebaran 1440 H lalu, bisnis jasa laundry di Banjarmasin kebanjiran orderan. Tidak hanya jasa cuci, jasa lainnya yakni khusus setrika juga mengalami peningkatan signifikan.

Seperti bisnis cuci dan setrika JB Laundry Banjarmasin misalnya. Owner JB Laundry, Faridah Ariani mengungkapkan sejak Senin lalu, orderan pakaian yang masuk meningkat hingga 50 persen.

"Tidak hanya jasa cuci+sertrika meningkat, namun khusus jasa setrikanya juga volumenya bertambah hingga 50 persen. Untuk khusus setrika per kilonya seharga Rp 5.000," jelasnya kepada Banjarmasinpost.co.id, Selasa (13/6/2019).

Ditambahkannya, jasa setrika tersebut dibutuhkan lantaran masyarakat memiliki waktu luang kurang lebih satu pekan untuk mencuci kemudian untuk merapikan pakaiannya menggunakan jasa setrika dari bisnis laundry.

Faridah mengaku sangat kewalahan karena permintaan cuci dan setrika yang masuk sangat banyak di tempatnya. Dia pun memerlukan tenaga karyawan tambahan untuk mengatasi hal tersebut.

Baca: Andi Tanra Berharap Ada Solusi Pemerintah Daerah dan Pusat, Bantu Percepat Mengakhiri Banjir

"Saat ini sudah ada sembilan karyawan, namun saya harus tambah sekitar dua lagi. Karena orderan tambah banyak dan penyelesaiannya menjadi molor yang harusnya bisa selesai 1-2 hari menjadi terlambat, untuk itu kami minta maaf agar pelanggan juga memaklumi kondisinya sekarang," ucap Faridah.

Adanya peningkatan tersebut, saat ini JB Laundry memiliki omzet kisaran Rp 15 juta sebulan. Omzet tersebut bisa naik dan turun tergantung banyaknya orderan yang masuk.

Diakuinya tidak ada promo, kendati begitu, bagi pelanggan yang sudah berlangganan selama lebih dari lima tahun dan loyal, pihaknya memberikan diskon khusus.

"Saya biasanya turun langsung ikut kerja, agar karyawan bisa bekerja secara baik dan sukses usaha ini hingga nanti. Untuk program pengiriman, kami masih melayani pengiriman dekat Laundry saja secara gratis dan belum ada program jarak jauh," tukasnya.

Untuk harga pakaian reguler dan gorden tebal di tempatnya Rp 7.000 per kg, dan karpet ataupun gorden tipis seharga Rp 10.000. Dibedakan harga gorden tipis dan tebal sebab gorden yang tipis cukup merugikan untuk menggunakan harga reguler.

Baca: Bank Kalsel Gelar Halal Bi Halal Idul Fitri, Sekaligus Penyerahan Hadiah Pemenang Lomba Karya Tulis

Halaman
12
Penulis: Mariana
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved