Berita Banjarbaru

Satpol PP Kota Banjarbaru Bersihkan Reklame Menyalahi Aturan dan Tertibkan PKL Jualan di Bahu Jalan

Penertiban pedagang kaki lima (PKL) yang membuka lapak dagangan di jalur hijau kembali dilakukan oleh Satpol PP Kota Banjarbaru.

Satpol PP Kota Banjarbaru Bersihkan Reklame Menyalahi Aturan dan Tertibkan PKL Jualan di Bahu Jalan
HO/Satpol PP Banjarbaru
Satpol PP Kota Banjarbaru menertiban reklame dan spanduk tak berizin di Banjarbaru 

BANJARMASIN POST.CO.ID, BANJARBARU - Penertiban pedagang kaki lima (PKL) yang membuka lapak dagangan di jalur hijau kembali dilakukan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Banjarbaru.

Setelah libur lebaran 2019, aktivitas PKL mulai kembali bermunculan di wilayah Kota Banjarbaru. Sehingga, Satpol PP Kota Banjarbaru kembali melakukan giat patroli rutin.

Melalui Bidang Tibum & Tranmas Seksi Operasi dan Pengendalian, mereka melaksanakan kegiatan rutin penertiban Pedagang Kaki Lima yang membuka lapak dijalur hijau.

Para PKL ada yang berjualan hingga ke bahu jalan sehingga bisa menggangu jalur lalu lintas saat ada pembeli yang parkir di bahu jalan lokasi PKL berjualan.

Kasatpol PP Banjarbaru Marhain Rahman melalui PPNS Seksi Opsdal Yanto Hidayat mengatakan setelah aktif masuk kerja, giat patroli rutin kembali di lakukan.

Baca: Tinjau E Lapor, Ombudsman RI Kalsel Lihat Masih Ada SKPD yang Slowrespon Tanggapi Aduan Warga 

"Giat patroli rutin di kawasan kota Banjarbaru kembali kita lakukan" kata Yanto Hidayat, Kamis, (13/6/2019).

Sasaran giat patroli rutin itu memantau para PKL yang ada berjualan hingga ke bahu jalan. Pihaknya juga melakukan pembersihan reklame-reklame yang terpasang tidak sesuai aturan di Wilayah Kota Banjarbaru.

Termasuk menindaklanjuti bila ada laporan warga baik itu terkait dengan ketertiban dan keamanan dilingkungan tempat tinggal masyarakat di Kota Banjarbaru.

"Di lokasi jalan RO Ulin Loktabat Banjarbaru masih ada ditemukan pedagang buah yang berjualan di jalur hijau. Pedagangnya diberikan teguran dan arahan," lanjutnya.

Ada dua pedagang yang ditegur di kawasan itu. Mereka juga diminta menandatangi surat pernyataan agar mentaati peraturan yang berlaku.

"Untuk reklame dan spanduk hingga banner. Ada 20 titik yang dibersihkan di sejumlah kawasan seperti di Jl PM Noor, Jl Trikora, Jl RO Ulin, JlKarang Rejo hingga Jl A Yani," ujarnya lagi.

Baca: Angkut Mobil dan 5 Unit Motor, Kapal Ini Karam di Sungai Mahakam, PenumpangBerenang Selamatkan Diri

Reklame-reklame yang ada selanjutnya dilepas dan untuk sementara dibawa & diamankan di Kantor Satpol PP Kota Banjarbaru.

Satpol PP Kota Banjarbaru melakukan penertipan PKL yang berjualan di bahu jalan di Banjarbaru
Satpol PP Kota Banjarbaru melakukan penertipan PKL yang berjualan di bahu jalan di Banjarbaru (HO/Satpol PP Banjarbaru)

Selain itu, dijelaskanya bahwa melalui Seksi Binwasluh yang dipimpin Syafrudin dan Penyidik Doni beserta timnha juga sudah melaksanakan pengawasan oedagang kaki Lima dijalan Mistar Cokro Kusumo.

Ada pedagang yang berjualannya melebihi batas yang sudah disepakati dan waktu yang sudah ditentukan dan sepanjang jalan Mistar Cokrokusumo.

Para PKL ditegur dan diarahkan agar mentaati aturan yang berlaku. (banjarmasinpost.co.id/Rian)

Penulis: Aprianto
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved