Selebrita

Umur 93 Tahun, Dr Mahathir Mohammad Tetap Energik, Ini Rahasia Diungkap Perdana Menteri Malaysia

Perdana Menteri Malaysia, Dr Mahathir Mohammad yang kini sudah memasuki usia 93 tahun seolah tak mengalami penuaan.

Editor: Hari Widodo
(ST PHOTO: KUA CHEE SIONG
Perdana Menteri terpilih Malaysia Mahathir Mohamad menggelar konferensi pers, Kamis siang (10/5) di Hotel Sheraton, Petaling Jaya, Selangort setelah memimpin koalisi oposisi Pakatan Harapan meraih kemenangan mengejutkan di pemilu Malaysia (9/5/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Usia lanjut membuat produktivitas dan fungsi tubuh seseorang mengalami penurunan bahkan berbagai penyakit mulai menggerogoti.

Namun hal ini tidak berlaku bagi Perdana Menteri Malaysia, Dr Mahathir Mohammad yang kini sudah memasuki usia 93 tahun.

Melansir dari The Strait Times, ia lebih aktif dari sebelumnya, menjelajahi negara untuk berkampanye dan berbicara menentang pemerintah yang pernah dia pimpin, dan bahkan menghadiri demonstrasi dan nyala lilin.

Aktivitas konstan ini membantunya tetap waspada secara mental, dan mempertahankan berat badannya di antara 62 kg dan 64 kg selama tiga dekade terakhir.

Bahkan Dr Matathir sempat mengatakan bahwa otot dan otak tidak boleh pensiun agar tidak cepat pikun.

Baca: Gading Marten Dijodohkan dengan Putri Menteri Susi, Roy Marten : Nggak Ngebayangkan Besanan Menteri

Baca: Kerap Berbusana Seksi, Kekasih Kevin Aprilio Jadi Sorotan, Vicy Melanie Ngaku Disuruh Pacar

Baca: Mulan Jameela & Putra Maia Estianty Mendadak Lakukan Ini Saat Ahmad Dhani Dipindah Usai Vonis

Baca: Beda Pilihann Politik, Caleg Gagal di Daerah Ini Minta Bongkar 4 Makam yang Ada di Lahannya

"Saya akan menyarankan orang untuk tidak beristirahat ketika mereka menjadi tua. Karena jika Anda beristirahat, Anda akan segera menjadi sangat lemah dan tidak mampu," katanya.

Dalam hal ini, setiap seorang yang sudah berusia lanjut harus tetap aktif bergerak sesuai porsinya agar tetap terjaga kesehatannya.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal medis JAMA Network Open, orang yang secara bertahap meningkatkan olahraga mingguan selama tujuh jam pada usia lanjut dapat mengurangi risiko kematian akibat sebab apa pun sebesar 35%.

Jenis olahraga yang dapat dilakukan pada seseorang yang sudah berusia lanjut meliputi jalan sehat atau pemanasan dan peregangan ringan.

Selain tetap bergerak aktif di usia 93 tahun, Dr Mahathir juga menjga pola hidupnya.

"Saya tidak merokok, saya tidak minum, saya tidak makan berlebihan. Saya makan makanan yang cukup untuk membuat saya tetap hidup.

"Ada kecenderungan bagi orang di atas usia tertentu untuk menjadi gemuk. Mereka memiliki perut yang besar dan untuk memuaskan diri mereka sendiri, mereka minum dan mereka makan berlebihan, yang menempatkan beban di hati mereka.

"Saya sudah berbobot sekitar 62-64 kg selama bertahun-tahun. Saya bisa memakai pakaian saya yang dibuat 30 tahun yang lalu," pungkasnya.

Melansir dari The Daily Sabah, menjaga pola makan dan tidak makan berlebih di usia tua itu penting.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved