Berita Balangan

Pegawai Non PNS Balangan akan Didaftarkan Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Pegawai non PNS yang ada di seluruh SKPD di Kabupaten Balangan direncanakan akan didaftarkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Pegawai Non PNS Balangan akan Didaftarkan Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan
banjarmasinpost.co.id/dony usman
Bupati Balangan H Ansharuddin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Pegawai non PNS yang ada di seluruh SKPD di Kabupaten Balangan direncanakan akan didaftarkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Untuk bisa merealisasikan rencana tersebut Pemkab Balangan saat ini akan melihat bagaimana bentuk regulasi yang dibutuhkan.

Bupati Balangan H Ansharuddin membenarkan saat ini pihaknya bersiap untuk mendaftarkan tenaga honor maupun kontrak menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Menurutnya, rencana ini merupakan bentuk tanggungjawab Pemkab Balangan sebagai pihak pemberi kerja yang memang diwajibkan mendaftarkan tenaga kerjanya dalam program BPJS.

"Inikan amanah undang-undang yang harus dilaksanakan, kami sebagai pimpinan wajib bertanggungjawab kepada seluruh tenaga kerja yang ada di masing-masing SKPD, terutama tenaga honorer," katanya.

Baca: Pendaftaran SBMPTN 2019 Telah Dibuka, UNPAD Buka 3.277 Kursi Cek Prodinya

Agar langkah yang dilakukan bisa berjalan dengan tepat, imbuh Ansharuddin, pihaknya akan mempelajari dulu dasar hukum apa yang diperlukan.

"Apakah bentuknya cukup perbup atau perda," ucapnya.

Regulasi ini menjadi penting karena untuk mendaftarkan tenaga non PNS tersebut nantinya akan menggunakan dana APBD.

Apabila regulasi bisa cepat dibuat, maka direncanakan pada APBD perubahan tahun ini juga tenaga non ASN sudah bisa didaftarkan sebagai BPJS Ketenagakerjaan.

"Kita usahakan di APBD Perubahan tahun 2019 ini dan ini semua tenaga kontrak, honor di SKPD termasuk guru akan kita tindaklanjuti dengan APBD," tegasnya.

Premi BPJS Ketenagakerjaan akan dibayarkan dari APBD supaya tidak mengganggu gaji yang selama ini sudah didapat tenaga non PNS.

Baca: Video Call Nikita Mirzani & Ibnu Jamil Terungkap, Billy Syahputra Ungkap Hal yang Disukai Nyai

Di Balangan sendiri untuk aparatur desa sudah bisa mendaftar sebagai peserta BPJS karena sudah ada dibuatkan perbup sebagai regulasinya.

Selain aparatur desa, tenaga kontrak yang sudah didaftarkan adalah mereka yang bekerja di PDAM Balangan. (banjarmasinpost.co.id/dony usman)

Penulis: Dony Usman
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved