Berita Tapin

Pengendara yang Melintas di Kabupaten Tapin Diminta Tak Dekat Pohon Peneduh Saat Angin Kencang

Cuaca ekstrem yang melanda wilayah Kalimantan Selatan, khususnya di Kabupaten Tapin Dalam beberapa hari ini, memunculkan kerawanan pohon tumbang.

Pengendara yang Melintas di Kabupaten Tapin Diminta Tak Dekat Pohon Peneduh Saat Angin Kencang
banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid
Pengendara yang melintas di Jalan Nasional diminta tidak berteduh dekat pohon apabila angin kencang melanda wilayah Kabupaten Tapin karena rawan tumbang. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Cuaca ekstrem yang melanda wilayah Kalimantan Selatan, khususnya di Kabupaten Tapin Dalam beberapa hari ini, memunculkan kerawanan pohon tumbang.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tapin menilai tanaman pohon peneduh di sepanjang ruas jalan Binuang-Lokpaikat diduga alat pohonnya dangkal.

H Nordin, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tapin, mengingatkan adanya peralihan musim menimbulkan cuaca ekstrem berupa angin kencang disertai hujan.

"Mengingat ini adalah peralihan musim, sehingga sering terjadi cuaca ekstrim maka kami himbau kepada masyarakat yang melakukan perjalanan agar
tetap waspada dan hati-hati terhadap pohon tumbang," katanya kepada reporter Banjarmasinpost.co.id.

Baca: Dilaporkan Bawaslu, Kini 5 Komisioner KPU Palembang Resmi Ditetapkan Tersangka

Nordin meminta pengendara yanv melintas di wilayah Kabupaten Tapin, sebaiknya kalau menemui kondisi cuaca ekstrim untuk keselamatan agar bisa istirahat di tempat yang aman dan tidak mendekati pohon penghijauan di sisi jalan nasional.

"Kemungkinan tumbang pohon penghijauan itu ada karena akar pohonnya dangkal," katanya.

Pemerintah Kabupaten Tapin memang menanam pohon penghijauan di sisi ruas jalan nasional dari Kecamatan Binuang berbatasan Kabupaten Banjar hingga Kecamatan Lokpaikat yang berbatasan dengan Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Belum lama ini, petugas dari BPBD Kabupaten Tapin mengevakuasi pohon penghijauan yang tumbang di halaman SMPN 1 Rantau. Itu akibat diterjang angin kencang disertai hujan yang melanda wilayah Kecamatan Tapin Utara.

Baca: Pegawai Non PNS Balangan akan Didaftarkan Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Beruntung peristiwa pohon tumbang itu terjadi sekitar pukul 03.00 Wita, dimana saat itu aktivitas belajar dan mengajar sedang libur sehingga tidak menimbulkan korban jiwa. (banjarmasinpost.co.id/ mukhtar wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved