Berita Banjarbaru

Seminar Nasional Kesehatan Lingkungan Bahas Materi Stunting and Total Sanitation, Ini Tujuannya

Seminar Nasional Kesehatan Lingkungan dengan tema Stunting and Total Sanitation digelar Poltekkes Kemenkes Banjarmasin, Sabtu, (15/6) di Q Dafam.

Seminar Nasional Kesehatan Lingkungan Bahas Materi Stunting and Total Sanitation, Ini Tujuannya
banjarmasinpost.co.id/aprianto
Seminar Nasional Kesehatan Lingkungan dengan tema Stunting and Total Sanitation digelar Poltekkes Kemenkes Banjarmasin, Sabtu, (15/6/2019) di Q Dafam Hotel Banjarbaru. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Seminar Nasional Kesehatan Lingkungan dengan tema Stunting and Total Sanitation digelar Poltekkes Kemenkes Banjarmasin, Sabtu, (15/6) di Q Dafam Hotel Banjarbaru.

Kegiatan ini diikuti ratusan peserta dari berbagai kalangan. Ada dosen, instruktur, tenaga administrasi, mahasiswa, alumni Poltekes Kemenkes Banjarmasin dan para pemerhati Kesehatan Lingkungan.

Kegiatan Seminar Nasional Kesehatan Lingkungan dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel Muslih mewakili Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor.

Sebagai Keynote Speaker , H Sahbirin Noor dalam hal ini diwakili Muslih menyampaikan materi tentang kebijakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dalam menyehatkan warga Banua.

Dalam seminar itu juga menghadirkan tiga narasumber. Imran Agus Nurali selaku Direktur Kesehatan Lingkungan Dirjen Binkesmas Kementerian Kesehatan RI.

Baca: Pegawai Non PNS Balangan akan Didaftarkan Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Dalam paparannya, Imran menyampaikan tentang kebijakan Kementrerian Kesehatan RI dalam peningkatan akses kesehatan lingkungan dan penurunan prevalensi stunting menuju masyarakat yang bersih dan sehat.

Selanjutnya ada Sidin Haryanto selaku HAKLI Pusat dengan materi yang disampaikan terkait dengan Peran profesi Sanitarian untuk pembangunan kesehatan lingkungan.

Narsum terakhir yakni Mahpolah selaku Direktur Poltekkes Kemenkes Banjarmasin dengan materi tentang Stunting dan factor-faktor yang berpengaruh pada asupan gizi yang optimal pada balita untuk penurunan prevalensi stunting.

Ketua panitia kegiatan M Pahruddin mengatakan kegiatan Kegiatan Seminar Nasional Kesehatan Lingkungan itu dilaksanakan dalam rangkaian Dies Natalis Ke-36 Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Banjarmasin.

"Seminar ini menjadi satu di antara rangkaian kegiatan Disnatalis Ke-36 Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Banjarmasin," kata Pahruddin.

Baca: Pendaftaran SBMPTN 2019 Telah Dibuka, UNPAD Buka 3.277 Kursi Cek Prodinya

Dosen Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekes Kemenkes Banjarbaru ini menyebutkan jumlah peserta untuk seminar nasional ada sebanyak 350 orang dari berbagai daerah di Kalsel, Kalteng, Kaltim dan daerah lainnya.

"Dengan adanya Seminar Nasional Kesehatan Lingkungan dengan tema Stunting and Total Sanitation, bisa menyegarkan kembali terkait dengan Stunting and Total Sanitation," katanya.

Dengan harapan para peserta juga bisa meneruskan dan menyampaikan ke masyarakat terkait dengan Sanitasi total berbasis masyarakat (STBM). Sehingga bisa lebih baik untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih (banjarmasinpost.co.id/Rian)

Penulis: Aprianto
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved